Ahad 21 Jul 2024 14:10 WIB

Meski Top Skor Sementara Piala AFF U-19, Iqbal Gwijangge Fokus Tugas Utama Jaga Pertahanan

Muhammad Iqbal Gwijangge sudah mencetak tiga gol untuk timnas Indonesia U-19.

Bek timnas Indonesia U-19 Muhammad Iqbal Gwijangge (kanan) berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Kamboja U-19 dalam laga Piala AFF U-19
Foto: Dok PSSI
Bek timnas Indonesia U-19 Muhammad Iqbal Gwijangge (kanan) berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Kamboja U-19 dalam laga Piala AFF U-19

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Sosok tak terduga muncul sebagai top skor sementara timnas Indonesia U-19 pada ASEAN U-19 Boys Championship atau Piala AFF U-19 2024. Dia adalah pemain belakang timnas Indonesia U-19 Muhammad Iqbal Gwijangge.

Saat Arkhan Kaka belum mencetak gol dan Jans Raven baru sekali membobol gawang lawan, Iqbal sudah mengoleksi tiga gol dari dua laga timnas U-19. Torehan golnya sama dengan Abid Safaraz dari tim Malaysia U-19.

Baca Juga

Ia mengaku selalu ada perasaan yang mendorongnya untuk bisa mencetak gol sebelum maju saat ada situasi bola mati. Namun pada saat yang sama, ia tetap paham tugas utamanya mengawal pertahanan tim Merah-Putih.

"Memang kadang juga ada feeling sebelum pertandingan, tapi yang pasti saya hanya melakukan tugas dan paling penting jangan sampai kebobolan," kata Iqbal saat ditemui setelah pertandingan kontra Kamboja U-19 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Sabtu (20/7/2024) malam.

Pesepak bola yang saat ini membela klub Liga 1 itu berkeyakinan, jika menjalankan instruksi pelatih dengan baik, maka hasil yang dicapai akan maksimal. Dalam memaksimalkan peluang dari bola mati, Iqbal juga mengaku instruksi dari tim pelatih.

"Kami ada latihan set piece bersama pelatih juga, jadi memang sudah disiapkan dan ini bagian dari strategi pelatih juga," tuturnya.

Meskipun ada tugas khusus saat set piece, pemain kelahiran Sumedang itu tidak pernah melupakan tugasnya menjadi tembok kokoh Indonesia bersama Kadek Arel dan Buffon.

"Yang paling penting kami tetap fokus di belakang, biar tidak terjadi gol dari serangan balik Kamboja," ujarnya.

Dirinya berharap dalam pertandingan Piala AFF U-19 ini bisa terus membuat clean sheet hingga menjadi juara.

Soal keefektifan formasi tiga atau empat pemain belakang, Iqbal tidak mempermasalahkannya. Menurut dia, yang terpenting adalah tidak kebobolan. "Yang paling penting kami bisa bertahan dan menyerang bersama-sama," ujarnya.

Pemilik nomor 21 di Timnas Indonesia U-19 itu juga bersyukur bisa menjadi pencetak gol terbanyak sementara di tim, namun tidak terlalu memikirkan status tersebut.

"Yang terpenting saya masih bisa berkontribusi bagi tim dan semoga di pertandingan selanjutnya bisa lebih baik lagi dari pada hari ini," kata Iqbal.

Daftar Top Skor Sementara Piala AFF U-19 2024

3 Gol: Iqbal Gwijangge (Indonesia), Abid Safaraz (Malaysia)

2 Gol: Arion Sulemani, Jake Najdovski, Marcus Younis (Australia), Arlyansyah Abdulmanan, Kadek Arel Priyatna (Indonesia), G. Pavithran (Malaysia), Otu Bisong (Filipina)

1 Gol: Jens Raven, Garv Sahoo (Indonesia), Chheang Kimsong, Sorm Borith (Kamboja), Garv Sahoo (Singapura), Hoàng Quang Dung (Vietnam), Phyo Pyae Sone (Myanmar), Phongsakorn Sangkasopha, Pikanet Laohawiwat (Thailand), Amir Farhan, Danish Hakimi, Haykal Danish, Izzat Syahir, Shafizan Arshad, Zamirul Hakim (Malaysia).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement