Senin 15 Jul 2024 06:58 WIB

Carlos Alcaraz Kembali Kalahkan Novak Djokovic untuk Pertahankan Gelar Juara Wimbledon

Carlos Alcaraz mengalahkan Novak Djokovic 6-2, 6-2, 7-6(4) di final Wimbledon 2024.

Petenis Spanyol Carlos Alcaraz memegang trofi juara tunggal putra Grand Slam Wimbledon 2024.
Foto: AP Photo/Mosa'ab Elshamy
Petenis Spanyol Carlos Alcaraz memegang trofi juara tunggal putra Grand Slam Wimbledon 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Carlos Alcaraz resmi menjadi juara Wimbledon dua kali setelah mengalahkan Novak Djokovic 6-2, 6-2, 7-6(4) pada final di London, Ahad (15/7/2024), untuk mempertahankan gelarnya di Grand Slam lapangan rumput. Tahun lalu, ia menang atas lawan yang sama di tempat yang sama.

Alcaraz kehilangan tiga poin dari kedudukan 5-4, 40/0 pada set ketiga saat Djokovic mengancam untuk mulai bangkit dari ketertinggalan. Namun, petenis Spanyol itu bertahan dengan kuat pada tie-break set ketiga untuk menyelesaikan pertandingan.

Baca Juga

Jika kemenangan lima set Alcaraz pada 2023 melawan Djokovic adalah sebuah pencapaian epik untuk meraih gelar pertamanya di All England Club, pertemuan dalam final tahun ini didominasi oleh petenis berusia 21 tahun itu.

"Ini adalah mimpi bagi saya, memenangi trofi ini," kata Alcaraz dalam upacara penyerahan trofi, seperti disiarkan ATP.

"Dalam sebuah wawancara ketika saya berusia 11 atau 12 tahun, saya mengatakan bahwa impian saya adalah memenangi Wimbledon, jadi saya menebus impian saya."

"Saya ingin terus maju, tetapi merupakan perasaan yang luar biasa untuk bermain di lapangan yang indah ini dan mengangkat trofi yang menakjubkan ini. Ini adalah turnamen terindah, lapangan terindah, dan trofi terindah."

Dengan kemenangannya selama dua jam 27 menit, Alcaraz menjadi orang kedua di Era Open yang memenangi empat final Grand Slam pertamanya, masih di bawah Roger Federer memenangi tujuh final pertamanya.

Ia juga menjadi orang keenam di Era Open yang memenangi gelar ganda Roland Garros-Wimbledon pada tahun yang sama, bergabung dengan Rod Laver, Bjorn Borg, Rafael Nadal, Federer dan Djokovic dalam daftar elite tersebut.

"Saya pikir berjuang, percaya," kata Alcaraz ketika ditanya tentang bagaimana dia berhasil memenangi Roland Garros dan Wimbledon berturut-turut.

"Merupakan kehormatan besar bagi saya untuk menjadi bagian dari para pemain yang telah mencapai Roland Garros dan Wimbledon di tahun yang sama. Mereka adalah juara besar."

"Saya belum menganggap diri saya sebagai juara, tidak seperti mereka, namun saya akan tetap mempertahankannya, akan membangun jalan saya, perjalanan saya. Ini adalah kehormatan besar bagi saya."

Unggulan ketiga Alcaraz menghasilkan beberapa winner berkelas di tiga set final kali ini, tapi konsistensinya terbukti menjadi kunci kemenangannya. Setelah mematahkan servis Djokovic dua kali pada set pertama, petenis Spanyol itu mengulangi hal tersebut pada set kedua sebelum melupakan kesalahan servisnya untuk merebut set ketiga.

Alcaraz menghasilkan serangkaian sentuhan indah di depan net sepanjang pertandingan dan melakukan servis dengan tepat dalam penampilan yang hampir sempurna.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Wimbledon (@wimbledon)

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement