Ahad 14 Jul 2024 14:58 WIB

Southgate tak Percaya Dongeng, tapi Percaya Mimpi Wujudkan Inggris Juara

Inggris sudah 58 tahun menanti gelar juara turnamen besar.

Ekspresi kebahagiaan pelatih Inggris Gareth Southgate setelah timnya mengalahkan Belanda 2-1 untuk lolos ke final Euro 2024.
Foto: AP Photo/Thanassis Stavrakis
Ekspresi kebahagiaan pelatih Inggris Gareth Southgate setelah timnya mengalahkan Belanda 2-1 untuk lolos ke final Euro 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Bagi orang Inggris, ini adalah olok-olok yang mencela diri sendiri. Bagi semua orang lainnya, ini adalah tanda kesombongan dan kebanggaan tanpa prestasi.

"Football's Coming Home" — lagu kebangsaan tim sepak bola Inggris — telah dinyanyikan di jalan-jalan kota di seluruh Jerman sejak bulan lalu, dan akan dikumandangkan dengan lebih bersemangat di Berlin sampai Senin (15/7/2024) dini hari WIB nanti.

Baca Juga

Inggris akan berlaga di final Euro 2024 melawan Spanyol di Olympiastadion, Berlin, dini hari nanti. Sebuah kesempatan bagi tempat lahirnya sepak bola, tapi negaranya minim prestasi di level dunia, untuk merebut gelar utama pria pertama kalinya sejak Piala Dunia 1966. Sebuah kesempatan, seperti yang dikatakan oleh Inggris, bagi sepak bola untuk pulang kampung.

"Saya bukan orang yang percaya pada dongeng, tapi saya percaya mimpi," kata pelatih Inggris Gareth Southgate pada Sabtu (13/7/2024).

Southgate telah memainkan peran utama dalam perjalanan menyakitkan Inggris yang penuh dengan kekalahan, nyaris kalah, dan keresahan nasional selama bertahun-tahun.

Southgate, pelatih Inggris sejak 2016, memimpin the Three Lions ke final besar pertama sejak 1966, tetapi kalah dari Italia dalam adu penalti di final Euro 2020 yang digelar pada 2021.

Dua puluh lima tahun sebelumnya, Southgate yang saat itu adalah bek dengan kemampuan biasa-biasa saja, gagal mengeksekusi penalti. Kegagalan ini menentukan kekalahan Inggris dari Jerman dalam adu penalti di semifinal Euro 1996.

Lagu kebangsaan "Football's Coming Home" lahir dari lagu "Three Lions" yang dirilis sebelum Euro 1996.

Salah satu liriknya berbicara tentang "30 tahun penuh luka." Kini, luka itu telah berlangsung selama 58 tahun, dan para penggemar masih menyanyikannya.

"Ini sudah berlangsung selama bertahun-tahun," kata penggemar Inggris Justin Tucknott, seorang analis bisnis berusia 54 tahun di sebuah bar dekat Olympiastadion pada suatu malam yang cerah di ibu kota Jerman.

"Kami akan terus menyanyikannya sampai lagu ini sampai di rumah. Dan saat lagu ini sampai di rumah, liriknya akan sedikit diubah."

Peluang Inggris untuk mengakhiri paceklik gelar juara putra yang hampir berlangsung 60 tahun telah membaik di bawah Southgate. The Three Lions mencapai final Euro dua kali berturut-turut dan mencapai semifinal Piala Dunia pada 2018.

Ia harus mengubah mentalitas dan budaya dalam skuad yang secara teratur diisi oleh beberapa pemain top di Liga Primer Inggris, liga domestik yang paling populer dan paling banyak ditonton di dunia.

Terkenal dan kaya, para pemain mungkin berpikir bahwa mereka memiliki hak istimewa untuk memenangkan gelar di tingkat internasional sesering yang mereka lakukan di tingkat klub. Southgate dengan cepat menanamkan kepada mereka bahwa mereka sama sekali tak punya hal itu.

"Kami telah mencoba mengubah pola pikir sejak awal, mencoba bersikap lebih jujur ​​tentang posisi kami sebagai negara sepak bola," kata Southgate. "Saya pergi ke Piala Dunia dan Kejuaraan Eropa sebagai pengamat dan menonton cuplikan pertandingan yang ditayangkan di layar lebar — dan kami tidak ada di mana pun.

"Mereka hanya menayangkan final dan pertandingan besar. Kami perlu mengubahnya. Kami memiliki ekspektasi yang tinggi, tetapi ekspektasi itu tidak sesuai dengan posisi kami, dari segi performa. … Kami telah melewati banyak malam besar sekarang, banyak rekor telah dipecahkan, tetapi kami tahu kami harus mendapatkan trofi ini untuk benar-benar merasakan rasa hormat dari seluruh dunia sepak bola."

Inggris memulai dengan lambat di Euro 2024, mengandalkan momen-momen besar dari pemain-pemain besar untuk membawa mereka ke semifinal. Di sana, the Three Lions menghasilkan penampilan terbaiknya sejauh ini, tetapi masih membutuhkan gol tepat pada menit ke-90 dari Ollie Watkins untuk mengalahkan Belanda.

"Itu membangun ketahanan dan keyakinan," kata kapten Inggris Harry Kane.

Inggris semakin percaya diri menuju final. Dan sebagian besar dari itu datang dari pelatih.

"Besok, saya tidak takut apa yang mungkin terjadi karena saya telah melalui segalanya. Saya ingin para pemain merasakan keberanian itu," kata Southgate. "Jika kita tidak takut kalah, itu memberi kita peluang yang lebih baik untuk menang."

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by adidas Football (@adidasfootball)

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement