Ahad 14 Jul 2024 06:48 WIB

Penembak Donald Trump Tewas, Begini Kronologi Penembakan di Kampanye

Seorag peserta kampanye Donald Trump juga dilaporkan meninggal.

Kandidat presiden dari Partai Republik Donald Trump dikelilingi oleh agen Dinas Rahasia AS selepas tembakan padakampanye, Sabtu, 13 Juli 2024, di Butler, Pennsylvania.
Foto: AP Photo/Evan Vucci
Kandidat presiden dari Partai Republik Donald Trump dikelilingi oleh agen Dinas Rahasia AS selepas tembakan padakampanye, Sabtu, 13 Juli 2024, di Butler, Pennsylvania.

REPUBLIKA.CO.ID, PENNSYLVANIA – Kampanye kandidat calon presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump di Butler, Pennsylvania pada Sabtu (13/7/2024) diwarnai bunyi tembakan. Penembak dalam insiden itu dilaporkan telah tewas.

Dilansir Associated Press, jaksa wilayah Butler County Richard Goldinger mengatakan dalam sebuah wawancara telepon bahwa tersangka pria bersenjata telah tewas. Setidaknya satu peserta rapat umum juga meninggal akibat insiden tersebut. 

Baca Juga

Mantan presiden dan calon dari Partai Republik itu sedang memamerkan grafik jumlah penyeberangan perbatasan dalam kampanye ketika ledakan mulai terdengar di antara kerumunan. Saat Trump berbicara, terdengar suara letupan, dan mantan presiden itu meletakkan tangan kanannya ke telinga kanannya. Orang-orang yang berdiri di belakangnya tampak kaget.

Trump tampak merundukkan dirinya di belakang mimbar sementara suara-suara tembakan terus berlanjut ketika agen-agen Dinas Rahasia menyerbu ke atas panggung. Pelantang Trump menangkap suara orang-orang yang berteriak, “Tunduk, tunduk, tunduk!” sementara setidaknya tiga agen berkumpul di atasnya.

Suara tembakan terdengar lagi beberapa kali ketika agen sedang mengejar penembak Orang-orang di kerumunan berteriak. Suara seseorang terdengar melalui mikrofon menanyakan “Apakah kita baik-baik saja?” Petugas dengan perlengkapan taktis berdiri di atas panggung, beberapa memandang ke arah kerumunan.

Terdengar suara yang berkata, “Penembak roboh.” Kemudian sebuah suara berkata, “Kita aman” dan “Ayo bergerak.” Agen berdiri, mengelilingi Trump. Saat mereka turun dari panggung bersamanya, Trump mengangkat lengan kanan dan tinjunya ke udara. Darah terlihat di sisi kanan wajahnya. Penonton bersorak saat dia bangkit. Iring-iringan mobilnya langsung  meninggalkan tempat tersebut.

Salah satu saksi, Ron Moose, mengatakan dia mendengar suara seperti empat tembakan, dan menggambarkan suara itu sebagai "dor, dor, dor!" Tempat tersebut ditinggalkan dengan kursi-kursi terjatuh dan pita polisi kuning di sekeliling panggung. 

 

Sebuah helikopter terbang di atas dan petugas penegak hukum berjalan melewati area tersebut, menurut tayangan video. Petugas penegak hukum bersenjata juga terlihat di atap dekat panggung tempat Trump berdiri.

Tim kampanye Donald Trump mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa dia “baik-baik saja” setelah dibawa dari panggung pada kampanye di Butler, terdengar suara tembakan di antara kerumunan. 

“Presiden Trump berterima kasih kepada penegak hukum dan petugas pertolongan pertama atas tindakan cepat mereka selama tindakan keji ini,” kata juru bicara Steven Cheung dalam sebuah pernyataan. “Dia baik-baik saja dan sedang diperiksa di fasilitas medis setempat. Detail lebih lanjut akan menyusul.” 

Kesaksian peserta kampanye... baca halaman selanjutnya

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement