Jumat 12 Jul 2024 16:01 WIB

Gerinda dan PKS Berkoalisi di Sumbar, Duetkan Mahyeldi-Vasco

Gerindra menugaskan pasangan Mahyeldi-Vasco untuk berkoordinasi dengan pengurus.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Sekjen DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani bertamu ke kediaman Ketua Dewan Syura Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Habib Salim Segaf Al Jufri di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan, Jumat (7/6/2024) malam WIB.
Foto: Republika.co.id
Sekjen DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani bertamu ke kediaman Ketua Dewan Syura Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Habib Salim Segaf Al Jufri di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan, Jumat (7/6/2024) malam WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memasangkan duet Mahyeldi dan Vasco Ruseimy pada Pemilihan Gubernur Sumatra Barat (Pilgub Sumbar). Penetapan duet Mahyeldi-Vasco itu tercantum dalam surat bernomor 07-1005/Rekom/DPP-Gerindra/2024 tertanggal 11 Juli 2024 yang ditandatangani Ketua Dewan Pembina/Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Sekjen Ahmad Muzani.

Dalam surat tersebut, Partai Gerindra menugaskan pasangan Mahyeldi-Vasco untuk berkoordinasi dengan pengurus di daerah untuk menyusun program pemenangan di Sumbar. Kemudian, pasangan Mahyeldi-Vasco juga diminta untuk melengkapi koalisi guna memenuhi persyaratan 20 persen untuk mendaftarkan diri ke KPU.

Baca Juga

Jika dinilai tidak mampu memenuhi kelengkapan koalisi hingga batas waktu tertentu, Partai Gerindra akan melakukan evaluasi terhadap penugasan atau rekomendasi tersebut. Penetapan pasangan Mahyeldi-Vasco juga tercantum surat DPP PKS dengan Nomor 628.3.C-1/Sekp/DPP-PKS/2024 tertanggal 4 Juli 2024 yang ditandatangani Presiden PKS Ahmad Syaikhu dan Sekretaris Jenderal Aboe Bakar Alhabsyi.

DPP PKS memerintahkan pengurus partai di tingkat provinsi untuk mendaftarkan pasangan Mahyeldi-Vasco ke KPU. Sekretaris DPW PKS Sumbar Rahmat Saleh dihubungi membenarkan SK yang terbitkan oleh DPP PKS tersebut.

Dia mengatakan, penerbitan SK itu melalui proses yang panjang. DPW PKS Sumbar mengajukan empat kandidat yaitu Audy Joinaldy, Sutan Riska, Fadly Amran dan Vasko Ruseimy.

"Setelah pembahasan, DPP memutuskan pasangan Mahyeldi-Vasco Ruseimy. Ini di luar kewenangan DPW. Posisi kita hanya mengajukan nama untuk dibahas DPP," kata Rahmat di Kota Padang, Sumbar, Jumat (12/7/2024).

Dia menyebut, keputusan DPP itu berdasarkan pertimbangan politik nasional dan visi misi Sumbar ke depan. DPP PKS menilai bahwa yang pas berpasangan saat ini adalah Mahyeldi-Vasco Ruseimy.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement