Kamis 11 Jul 2024 18:04 WIB

Diusulkan Jadi Cagub Jakarta oleh PSI, Pj Heru: Jadi Perhatian Saya

Sejumlah DPD PSI di Jakarta mengusulkan nama Heru sebagai cagub DKI Jakarta 2024.

Rep: Bayu Adji Prihammanda / Red: Erik Purnama Putra
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Selasa (12/9/2023).
Foto: Antara
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Selasa (12/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah Dewan Pimpinan Daerah Partai Solidaritas Indonesia (DPD PSI) di wilayah DKI Jakarta mengusulkan nama Heru Budi Hartono sebagai bakal calon gubernur (cagub). Setidaknya, ada empat DPD PSI yang mengusulkan nama penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta itu.

Heru mengaku berterima kasih terhadap PSI yang mengusulkan dirinya sebagai bakal cagub DKI Jakarta. Namun, ia tak memberikan kepastian terkait langkahnya selanjutnya di Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta. "Saya terima kasih nama saya telah masuk dalam list PSI," kata Heru ketika dikonfirmasi wartawan di Jakarta, Kamis (11/7/2024).

Baca: Prabowo Ucapkan Selamat Atas Kemenangan Keir Starmer

Heru menjelaskan, aspirasi dari PSI itu akan menjadi perhatian baginya. Apalagi, tugasnya sebagai pj gubernur DKI Jakarta masih tersisa beberapa bulan lagi. "Hal tersebut sesuatu yang menjadi perhatian saya lebih lanjut untuk bekerja lebih baik untuk masyaratkat Jakarta. Sukses Jakarta untuk Indonesia," ujar Heru.

Sebelumnya, DPD PSI di seluruh wilayah DKI Jakarta telah menyelesaikan sidang pleno untuk memberikan rekomendasi nama-nama yang akan diusung dalam pilgub. Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PSI Jakarta Elva Farhi Qolbina mengatakan, pihaknya telah menerima usulan nama-nama dari tingkat DPD PSI se-Jakarta.

Baca: Asisten Ajudan Presiden Jokowi Luncurkan Buku 'Jatuh untuk Melaju'

Menurut dia, DPW PSI DKI Jakarta akan segera menggelar sidang pleno di untuk memutuskan nama final yang akan direkomendasikan ke tingkat DPP. "Kami sangat menghargai nama-nama yang telah muncul, mulai dari politisi internal PSI, politisi partai lain, menteri, mantan gubernur, tokoh-tokoh Betawi, purnawirawan, anggota DPD DKI Jakarta, hingga selebriti," kata Elva melalui keterangannya di Jakarta, Selasa (9/7/2024).

Adapun nama yang direkomendasikan oleh DPD PSI Jakarta Selatan adalah August Hamonangan, Eriko Sotarduga, Fahira Idris, Kaesang Pangarep, Nurmansjah Lubis, dan Ridwan Kamil. Sementara itu, DPD PSI Kepulauan Seribu merekomendasikan Basuki Hadimuljono, Grace Natalie Louisa, Heru Budi Hartono, Kaesang Pangarep, dan Ridwan Kamil.

Di Jakarta Timur, figur yang diusulkan meliputi Ahmad Sajili, H Azran, Kaesang Pangarep, Luthfi Hakim, Putra Nababan, dan Ridwan Kamil. DPD Jakarta Barat mengajukan Basuki Tjahaja Purnama, Deddy Corbuzier, Erick Thohir, Grace Natalie Louisa, Heru Budi Hartono, dan Kaesang Pangarep.

Baca: Mengenal Mantan Ajudan Jokowi, Bintang Satu Termuda di TNI AU

Sementara itu, DPD Jakarta Pusat, sosok yang direkomendasikan adalah Fajar Sidik, Heru Budi Hartono, Kaesang Pangarep, Prasetyo Edi Marsudi, Ridwan Kamil, dan Sandiaga Uno. Terakhir, DPD Jakarta Utara menyampaikan nama-nama seperti Grace Natalie Louisa, Heru Budi Hartono, Kaesang Pangarep, Nadiem Makarim, dan Ridwan Kamil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement