Rabu 10 Jul 2024 18:14 WIB

Menteri PUPR Pastikan Air, Listrik, dan Internet di IKN Siap 17 Agustus 2024

Untuk infrastruktur jalan tol menuju IKN, hanya terbangun hingga Pulau Balang.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat memberikan keterangan pers di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (13/2/2024).
Foto: Republika/Dessy Suciati Saputr
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat memberikan keterangan pers di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (13/2/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan air, listrik, hingga jaringan internet akan siap digunakan saat pelaksanaan upacara HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. "Tadi saya cek semua. Air, listrik, internet sudah oke (saat 17 Agustus)," kata Basuki dijumpai di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu.

Basuki mengatakan, sejumlah bangunan kementerian koordinator di IKN juga akan ada yang bisa dioperasikan dan dimanfaatkan sebagai tempat untuk Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), petugas upacara, hingga tamu lain. Sedangkan untuk penginapan, Hotel Nusantara di IKN dengan kapasitas 190 kamar juga akan siap untuk digunakan Agustus nanti.

Baca Juga

Untuk infrastruktur jalan tol menuju IKN, kata Basuki, sementara hanya terbangun hingga Pulau Balang. Pembangunan tol hingga ke IKN, sebelumnya sempat terkendala pembebasan lahan.

"Tol (Seksi) 6A, 6B baru bisa dibebaskan (lahan) sekarang ini. Sudah disosialisasikan ke warga, kami sudah boleh bekerja. Sekarang sedang bekerja, makanya (pembangunan tol) baru sampai Pulau Balang," ucap Basuki

Sedangkan pembangunan bandara di IKN, dengan landasan sepanjang 2.200 meter diupayakan dapat segera selesai dan bisa digunakan saat 17 Agustus 2024. "Masalah di sana hanya satu, hujan. Bulan kemarin dari 30 hari, hanya delapan hari yang terang, selebihnya hujan. Sekarang kita mengaspal pun memakai tenda, kita gunakan upaya-upaya," terangnya.

Adapun untuk mempersiapkan pelaksanaan upacara 17 Agustus di IKN, Basuki akan menghentikan sementara kegiatan pembangunan luar ruang di IKN mulai tanggal 10 Agustus 2024, guna membersihkan jalan. "Tanggal 10 yang outdoor kita hentikan. Tapi interior itu mesti jalan terus. Yang kita setop lalu lalang di jalan," ujar Basuki.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement