Rabu 10 Jul 2024 05:27 WIB

Lamine Yamal, Remaja Muslim yang Ukir Rekor Pencetak Gol Termuda di Piala Eropa

Yamal berusia 16 tahun dan 362 hari saat menjebol gawang Prancis di Euro 2024.

Gelandang Spanyol Lamine Yamal merayakan golnya ke gawang Prancis pada semifinal Euro 2024. Yamal mencetak rekor pencetak gol termuda dalam sejarah Piala Eropa.
Foto:

Yamal hampir saja mencetak gol spektakuler lainnya sembilan menit sebelum pertandingan berakhir dengan tendangan keras yang melayang tipis di atas mistar gawang.

Yamal lahir 13 Juli 2007 di Mataro, Barcelona dari ayah Maroko dan ibu Guinea Khatulistiwa. Inilah yang membuatnya berhak membela Spanyol.

Saat masih bayi, orang tua Yamal mengikuti undian untuk dapat berfoto bersama para pemain Barcelona untuk pembuatan kalender dalam sebuah program UNICEF. Mereka menang dan Yamal kemudian mendapatkan kesempatan menjalani pemotretan bersama Lionel Messi.

Tak disangka, Yamal kemudian mengikuti jejak sang bintang, setidaknya sampai saat ini. Masuk ke akademi Barcelona, Yamal melesat cepat melampui usia sesama rekannya.

Yamal datang ke Euro 2024 dengan banyak rekor termuda, dan rekor itu terus bertambah. Ia menjadi pemain termuda yang tampil di Euro putra ketika menjadi starter dalam kemenangan 3-0 Spanyol atas Kroasia.

Remaja Barcelona ini telah menjadi pemain termuda yang membuat debut dan mencetak gol di Liga Spanyol pada usia 15 tahun. Selanjutnya pemain termuda yang tampil sebagai starter di Liga Champions, dan kini pemain termuda yang mencetak gol untuk Spanyol.

Ia dilaporkan sudah membelikan orang tua dan neneknya rumah hasil dari keringatnya di lapangan hijau.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by UEFA EURO 2024 (@euro2024)

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement