Kamis 19 Sep 2024 06:28 WIB

Ajak Generasi Muda Jaga Lingkungan, Djarum Foundation Luncurkan Serial Web 'Kami Memohon'

Dampak dari perubahan iklim sudah dirasakan langsung oleh masyarakat secara global.

Rep: Bayu Adji Prihammanda/ Red: Mas Alamil Huda
Direktur Komunikasi Djarum Foundation Mutiara Diah Asmara saat konferensi pers peluncuran web series
Foto: Bayu Adji/Republika
Direktur Komunikasi Djarum Foundation Mutiara Diah Asmara saat konferensi pers peluncuran web series "Kami Memohon" di kawasan GWK, Bali, Rabu (18/9/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, BALI -- Bakti Lingkungan Djarum Foundation (BLDF) meluncurkan serial web Kami Memohon pada Rabu (18/9/2024). Serial web dengan tema menjaga lingkungan itu dibuat tak lain untuk mengajak generasi muda tergerak dalam melestarikan tanaman, dengan cara menanam dan menjaga pohon.

Direktur Komunikasi Djarum Foundation Mutiara Diah Asmara mengatakan, perubahan iklim yang terjadi hari ini sudah bukan merupakan keniscayaan. Dampak dari perubahan iklim itu bahkan sudah dirasakan langsung oleh masyarakat secara global.

Baca Juga

"Hari ini kebetulan bersamaan dengan Hari (Perlindungan) Ozon Sedunia yang jatuh pada 16 September, kemarin, Bakti Lingkungan Djarum Foundation meluncurkan Kami Memohon, yaitu web series di tahun 2024," kata dia saat konferensi pers di kawasan GWK, Kabupaten Badung, Bali, Rabu malam.

Melalui serial web Kami Memohon, Mutiara mengatakan, BLDF ingin menyoroti pentingnya aksi pelestarian tanaman, khususnya pohon-pohon yang berdaya serap tinggi. Pasalnya, banyak orang yang sejak lama diajarkan tentang popohonan, tapi mereka lupa bahwa pohon mesti dirawat seperti organisme lainnya.

Dalam serial yang disutradarai Achmad Romie dan menampilkan Amara Shopie, Ayya Renita, Mamang Osa, Arnold Leonard, serta Dian Dipa Candra (Candil ex-Serieus), BLDF menekankan kembali peran penting pohon dalam menciptakan bumi yang sehat dan baik untuk ditempati. Melalui serial itu, BLDF ingin mengajak semua generasi muda mulai mendengarkan suara-suara popohonan.

"Kami percaya bahwa bagaimanapun juga generasi muda menjadi kunci untuk estafet, pewaris bumi yang mampu menggerakkan kegiatan yang peduli lingkungan. Kesadaran ini tentunya harus terus kita perbaharui dan begitulah yang dilakukan terkait dengan web series ini," ujar Mutiara.

Ia juga berharap peluncuran serial web itu juga dapat menjadi bahan refleksi diri dan memberikan semangat agar masyarakat dapat kembali melestarikam lingkungan. Selain itu, Kami Memohon juga diharapkan dapat memberikan motivasi pembelajaran dan mendorong konten-konten positif di era yang banjir informasi sekarang.

Kepala Bidang Destinasi Pariwisata Provinsi Bali Ida Bagus Adi Laksana mengatakan, upaya yang dilakukan BLDF sejalan dengan upaya Dinas Pariwisata Provinsi Bali dalam berkomitmen mendukung setiap inisiatif yang memiliki tujuan mulia dalam melestarikan lingkungan. Pasalnya, Bali adalah destinasi pariwisata dunia yang terkenal dengan keindahan alamnya, budaya yang kaya, dan keramah-tamahan masyarakatnya.

"Namun, untuk menjaga dan melestarikan keindahan ini, kita memerlukan partisipasi aktif dari setiap individu. Kami percaya bahwa dengan kerja sama dan sinergi antara pemerintah, masyarakat, dan berbagai pihak, kita dapat menciptakan perubahan yang signifikan dan berkelanjutan,” kata Bagus.

Diketahui, Kami Memohon merupakan serial web yang diproduksi BLDF melalui gerakan Siap Sadar Lingkungan (Siap Darling). Sejak gerakan itu diluncurkan lima tahun lalu, Siap Daring telah memproduksi lima serial web, yaitu Prince Darling, Jumpa, Healing Trip, Pusaka, dan Kami Memohon.

Seluruh serial web yang ditayangkan melalui kanal YouTube Siap Darling itu telah ditonton oleh sekitar 17,5 juta penonton. Artinya, kampanye melestarikan lingkungan melalui serial web yang diinisiasi BLDF cukup efektif untuk menberikan edukasi kepada generasi muda.

Sementara itu, Kepala Bagian Hubungan Antar Lembaga Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Arijan Prasodjo menilai, pohon memiliki banyak kontribusi untuk manusia dan seluruh makhluk hidup. Bukan hanya menyediakan oksigen gratis, tapi juga menjadi tempat penyimpanan karbon yang tidak dimiliki oleh makhluk hidup lain di bumi.

Karena itu, ia mengatakan, pelibatan generasi muda dalam kegiatan pelestarian alam dan lingkungan melalui tanam dan pelihara pohon sangat tepat. Melalui keterlibatan generasi muda dan adanya serial web Kami Memohon, KLHK berharap masyarakat terutama generasi muda semakin memiliki kepekaan dan inisiatif untuk melakukan aksi pelestarian lingkungan dan hutan dalam berbagai bentuk.

"Kami sangat mengapresiasi apa yang dilakukan BLDF,” kata Arijan.

Episode serial web Kami Memohon akan mulai tayang di kanal YouTube Siap Darling pada Sabtu (21/9/2024) pukul 19.00. Episode selanjutnya akan tayang setiap Sabtu pekan berikutnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement