Selasa 09 Jul 2024 08:45 WIB

Sembilan Bulan Bombardir Gaza, IDF Akui Ampuhnya Terowongan Hamas

Pejuang Palestina disebut masih memiliki kemampuan menyerang Israel.

Tentara Israel keluar dari terowongan yang menurut militer digunakan pejuang Palestina untuk menyerang penyeberangan Erez di Jalur Gaza utara, Jumat, 15 Desember 2023.
Foto: AP Photo/Ariel Schalit
Tentara Israel keluar dari terowongan yang menurut militer digunakan pejuang Palestina untuk menyerang penyeberangan Erez di Jalur Gaza utara, Jumat, 15 Desember 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA – Pasukan penjajahan Israel (IDF) mengakui bahwa setelah sembilan bulan perang, sebagian besar jaringan terowongan Hamas masih dalam “kondisi fungsional yang baik” di banyak wilayah Gaza. Pejuang Palestina juga disebut masih memiliki kapasitas untuk mengatur serangan di dekat perbatasan dengan Israel dan bahkan mungkin melintasinya.

Media Israel Channel 12 melaporkan, terowongan Hamas berada dalam kondisi baik di kamp-kamp pengungsi di Gaza tengah, sebagian besar Rafah di selatan, dan Shejaiya di utara. Laporan itu mengutip apa yang disebut sebagai penilaian IDF yang ditulis baru-baru ini.

Baca Juga

Di Khan Younis, di selatan Jalur Gaza, banyak terowongan yang menjadi sasaran IDF telah diperbaiki, begitu pula pabrik-pabrik di wilayah tersebut yang memproduksi beton untuk membangun terowongan tersebut, kata laporan itu.

Meskipun IDF telah fokus untuk menangani Hamas di Rafah dalam beberapa pekan terakhir, terowongan fungsional di wilayah tersebut memungkinkan operasi teror untuk mendekati perbatasan Israel, dan hanya beberapa rute yang telah dihancurkan di Rute Philadelphia, di sepanjang Jalur Gaza-Mesir. perbatasan, menurut laporan itu.

Terowongan di Kota Gaza berada dalam kondisi sedang hingga baik, dan memungkinkan Hamas untuk mendekati perbatasan Israel, tambahnya. Secara keseluruhan, jika perang berakhir sekarang, laporan tersebut mengatakan, “Hamas masih memiliki kapasitas untuk mengatur serangan di dekat perbatasan dan bahkan mungkin melintasi perbatasan, [walaupun] tidak sebesar yang terjadi di masa lalu.”

Laporan tersebut mencatat bahwa IDF tetap fokus pada penanganan jaringan terowongan Hamas, dan secara bertahap menghancurkannya, termasuk di dekat perbatasan. Namun, laporan tersebut mengatakan bahwa kepala pasukan pertahanan sipil untuk masyarakat di sepanjang perbatasan yang telah membaca dokumen tersebut merasa terganggu dengan temuannya, dan ingin upaya menetralisir terowongan dilakukan sebagai prioritas pertama.

Pasukan pertahanan sipil termasuk yang pertama merespons serangan Hamas pada 7 Oktober, dan banyak di antara mereka yang bertempur sebelum pasukan keamanan dapat memberikan tanggapan.

Meskipun demikian, laporan tersebut mencatat bahwa para panglima militer, “mengingat pencapaian hingga saat ini” dalam perang tersebut, masih mengatakan bahwa jika kesepakatan dapat dinegosiasikan dengan Hamas, “adalah hal yang tepat untuk berhenti (perang) sekarang untuk mendapatkan kembali para sandera.”

Sejak melancarkan serangan darat setelah 7 Oktober, pasukan Israel telah berupaya untuk menghancurkan terowongan-terowongan tersebut. Pejabat senior pertahanan Israel pada bulan Januari menilai bahwa jaringan terowongan Hamas di Gaza memiliki panjang antara 350 dan 450 mil, sebuah angka yang luar biasa mengingat luas total wilayah tersebut hanya sekitar 140 mil persegi.

Seorang pejabat pertahanan mengatakan kepada the Times of Israel bahwa diperlukan waktu bertahun-tahun untuk membongkar terowongan tersebut, dan mencatat bahwa jalur bawah tanah harus dipetakan dan diperiksa untuk mencari jebakan dan sandera sebelum pasukan Israel dapat menghancurkannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement