Rabu 03 Jul 2024 17:39 WIB

Mahasiswa Universitas Nusa Mandiri Pandai Tampilkan Matriks Bisnis yang Informatif

Business Intelligence berfungsi untuk menampilkan matriks bisnis yang informatif.

Program Studi (prodi) Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Nusa Mandiri (UNM) sukses menyelenggarakan Workshop “Building Performance Dashboard Business Intelligence Analysis with Tableau”.
Foto: Dok Republika
Program Studi (prodi) Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Nusa Mandiri (UNM) sukses menyelenggarakan Workshop “Building Performance Dashboard Business Intelligence Analysis with Tableau”.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Program Studi (prodi) Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Nusa Mandiri (UNM) sukses menyelenggarakan Workshop “Building Performance Dashboard Business Intelligence Analysis with Tableau”. 

Webinar digelar secara daring pada Sabtu 22 Juni 2024, pukul 09.00-12.00 WIB. Narasumber yang hadir yaitu Nanang Ruhyana, seorang praktisi dari PT Arsitektur Digital Teknologi dengan moderator Titin Kristiana, dosen Universitas Nusa Mandiri.

Baca Juga

Nanang Ruhyana menjelaskan bahwa Business Intelligence merupakan kumpulan data-data bisnis yang disimpan untuk dilakukan analisa dari kegiatan bisnis dan status Key Performance Indicator (KPI) di perusahaan atau organisasi, sedangkan Business Analytics merupakan data-data bisnis yang telah lama di simpan kemudian dilakukan sortir dan cleansing untuk dilakukan Analisa.

“Salah satu dari fungsi Business Intelligence dan Business Analysis. Business Intelligence berfungsi untuk menampilkan matriks bisnis yang informatif dan selalu up to date/realtime untuk membuat dan mendukung pengambilan keputusan dari strategi perusahaan. “Sedangkan Business Analysis mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan perusahaan serta memprediksi kemungkinan kondisi dan peluang di masa depan,” terang Nanang dalam rilis yang diterima, Rabu (26/6/2024).

Ia pun memberi contoh skenario Business Intelligence Analysis yaitu pada supermarket, alasan mengapa barang yang di dalam supermarket selalu di pindah-pindah dan dari sisi pelanggan memprediksi sifat pelanggan berdasarkan kebiasaan, umur, jenis kelamin, produk yang di pilih.

“Untuk macam-macam aplikasi dashboard Business Intelligence seperti Tableu, Microsoft Power BI, Oracle BI, Yellowfin BI, Metadata, Apache Superset, Google data studio. Sedangkan macam-macam aplikasi business analysis seperti orange, Weka dan Rapidminer,” imbuhnya.

Ia pun berharap apa yang telah disampaikan pada workshop kali ini dapat bermanfaat bagi peserta.

“Semoga dengan workshop ini dapat bermanfaat dan menambah ilmu mahasiswa mengenai Business Intelligence dan Business Analysis juga dapat diaplikasikan pada skripsi atau penelitian mahasiswa,” tutupnya. 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement