Rabu 03 Jul 2024 06:27 WIB

PKB Condong Usung Bobby Nasution pada Pilgub Sumut 2024

Jazilul Fawaid berterus terang PKB cenderung ingin mendukung menantu Presiden Jokowi.

Rep: Bayu Adji Prihammanda / Red: Erik Purnama Putra
Wali Kota Medan yang juga menantu Presiden Jokowi, Bobby Nasution.
Foto: Republika/Febryan A
Wali Kota Medan yang juga menantu Presiden Jokowi, Bobby Nasution.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) telah melakukan uji kelayakan dan kepatutan (UKK) calon kepala daerah terhadap Bobby Nasution dan Edy Rahmayadi. Keduanya merupakan bakal calon gubernur Sumatra Utara (cagub Sumut) yang sama-sama mengambil formulir di DPP PKB.

Wakil Ketua Umum DPP PKB Jazilul Fawaid mengatakan, partainya lebih condong untuk mengusung menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut daripada Edy Rahmayadi untuk maju Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumut 2024. Namun, ia tak menyebut secara rinci alasan partainya lebih memilih akan mengusung Bobby.

Baca Juga

"Kami lebih cenderung ke Mas Bobby, dan dua-duanya sudah UKK oleh DPP PKB," ujar Jazilul kepada wartawan di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Selasa (2/7/2024) malam WIB.

Kendati demikian, wakil ketua umum MPR tersebut menegaskan, keputusan PKB masih belum final. Pasalnya, DPP PKB belum mengeluarkan putusan secara resmi terkait dukungan di Pilgub Sumut. "Hari ini tinggal menunggu satu langkah lagi keputusan dari DPP PKB secara final apakah ke Mas Bobby apakah ke calon lain, belum diputuskan," kata Jazilul.

Sebelumnya, Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengatakan, partainya masih mempertimbangkan apakah akan mengusung Bobby atau Edy pada Pilgub Sumut 2024. Namun, ia akan lebih mendengarkan aspirasi kader di daerah untuk menentukan dukungan.

"Terserah daerah. Kan kami punya mekanisme internal ya, fifty-fifty, daerah memutuskan 50 persen, kita memutuskan 50 persen," ujar calon wakil presiden (cawapres) 2024 tersebut.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement