Ahad 23 Jun 2024 10:59 WIB

Jenazah Tanri Abeng Dimakamkan Bakda Zuhur

Mantan Menteri BUMN Tanri Abeng meninggal dunia pada dini hari ini.

 Tanri Abeng saat konferensi pers di Jakarta, beberapa tahun lalu.
Foto: Tahta Aidilla/Republika
Tanri Abeng saat konferensi pers di Jakarta, beberapa tahun lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan Menteri Negara Pendayagunaan BUMN Tanri Abeng meninggal dunia pada Ahad (23/6/2024) dini hari pukul 02.36 WIB. Menurut informasi yang dihimpun kantor berita Antara, jenazah almarhum akan dimakamkan usai waktu shalat zuhur di Jakarta.

"Insha Allah, akan dimakamkan bakda zuhur di Tanri Abeng University, Jalan Swadarma Raya No 58 (Jakarta Selatan)," demikian keterangan yang tertera pada papan pengumuman yang dibuat keluarga almarhum di rumah duka, Jakarta, Ahad (23/6) pagi.

Baca Juga

Berdasarkan pantauan Antara, hingga pukul 10.20 WIB beberapa pelayat sudah mulai berdatangan ke rumah duka. Di antara mereka adalah mantan kepala Badan Intelijen Negara (BIN) AM Hendropriyono, Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad al-Haddar, Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Gunadi Sadikin, serta wakil presiden RI ke-10 dan 12 Jusuf Kalla.

Hendropriyono mengatakan, Tanri Abeng merupakan sosok yang memiliki pemikiran futuristik dan brilian. Menurut dia, pemikiran almarhum banyak memberikan kontribusi bagi pemajuan ekonomi nasional.

"Beliau semasa hidup adalah sahabat saya, sama-sama di kabinet dulu. Beliau menteri BUMN, dan saya lihat pandangannya ke depan itu sangat bagus karena memang seorang futuristik yang brilian," kata dia.

Wakil Ketua MPR-RI Fadel Muhammad mengatakan, Tanri Abeng merupakan tokoh yang mementingkan pendidikan. Almarhum juga berkeinginan tinggi untuk mengembangkan ekosistem perusahaan milik negara agar menjadi lebih baik dari masa ke masa.

"Pendidikan itu merupakan dasar daripada segala-galanya. Maka beliau bikin pendidikan, dorong pendidikan, di mana-mana beliau terlibat. Saya selalu perhatikan, beliau menyuruh kita untuk menyiapkan sumber daya manusia," katanya.

Tampak puluhan karangan bunga yang tersusun di depan rumah duka Tanri Abeng. Di antaranya berasal dari Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, anggota DPR RI Sumarjaya Linggih, serta Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati.

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, Tanri Abeng adalah sosok yang berjasa besar dalam pembangunan Indonesia. Ia merasa berduka atas wafatnya tokoh tersebut.

"Innalillahi wainna ilaihi rajiun. Berduka yang dalam atas wafatnya Menteri BUMN pertama, Pak Tanri Abeng. Sosok yang berjasa besar untuk negeri ini," ujar Erick Thohir, dikutip dari laman Instagram resminya di Jakarta, Ahad (23/6/2024).

Erick menyampaikan ucapan duka dan berharap almarhum Tanri Abeng mendapatkan tempat terbaik. Ia juga mendoakan, semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran.

"Semoga almarhum mendapatkan tempat yang lapang di sisi Allah SWT, dan segenap keluarga serta kerabat yang ditinggalkan diberi kesabaran," katanya.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement