Kamis 20 Jun 2024 06:58 WIB

Sulitnya Langkah Tim-Tim Unggulan di Awal Euro 2024, Kroasia di Ujung Tanduk

Kroasia butuh mengalahkan Italia untuk lolos ke babak 16 besar Euro 2024.

 Pelatih kepala Kroasia Zlatko Dalic
Foto:

Terlepas dari performa apik di Piala Dunia, Kroasi memang sedikit kepayahan jika berlaga di Piala Eropa. Dalam dua edisi sebelumnya, 2016 dan 2020, tim Vatreni (Yang Berapi-api) hanya bisa sampai pada babak 16 besar.

Pada Euro 2012, Kroasia bahkan tersisih di babak grup. Kroasia tak menunjukkan julukan Vatreni pantas untuk mereka saat berkiprah di Euro.

Perihal hasil imbang lawan Albania, Dalic punya kambing hitam. Secara tidak langsung, ia menilai waktu tambahan merugikan timnya, meskipun ia cuma menyalahkan sikap para pemainnya di lapangan.

Semifinalis Piala Dunia 2022 dan runner-up UEFA Nations League tahun lalu itu bangkit setelah tampil buruk pada babak pertama guna mengatasi defisit satu gol untuk memimpin saat waktu tersisa 14 menit.

Namun mereka harus membayar mahal ketika gelandang Albania Klaus Gjasula menyamakan kedudukan pada menit ke-90+5. “Waktu tambahan ini parah sekali, ada perjuangan tanpa perlu bermain seperti itu," kata Dalic seperti dikutip AFP.

Rupanya, Dalic meminta para pemainnya untuk tidak turun jauh bertahan. Ia mengaku menginginkan pemainnya terus menekan Albania untuk mendapatkan gol ketiga. "Jadi itu aneh, satu kesalahan. Kami tak boleh membiarkan musuh menyerang kami," tegasnya.

Boleh jadi, penampilan Kroasia ini bukti kekhawatiran pundit terhadap skuat Vatreni yang makin termakan usia. Meskipun Euro kurang bersahabat untuk mereka, usia para pemain layak dijadikan alasan.

Era generasi emas Kroasia mungkin harus segera berganti karena Luka Modric sudah berusia 38 tahun, Ivan Perisic yang berusia 35 tahun, dan Andrej Kramaric, yang merayakan ulang tahun ke-33 pada laga kontra Albania dengan sebuah gol.

Dalic ternyata cukup setuju soal ini. "Piala Dunia berlangsung dua tahun lalu dan perlahan-lahan para pemain kami mulai menua, dan seluruh turnamen ini menunjukkan kepada kita bahwa semua orang mengalami masa-masa sulit. Turnamen ini sangat terbuka dan semua tim cukup berimbang," kata dia.

Apa pun alasannya, tugas berat menanti Kroasia. Kroasia kini harus mengalahkan juara bertahan Italia dalam pertandingan terakhir Grup B pada 24 Juni agar lolos ke fase gugur.

 

Kroasia berharap...

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement