Senin 17 Jun 2024 08:27 WIB

Gibran Sekeluarga Shalat Id di Balaikota Solo Bersama Timnas U16

Gibran juga menerima sapi kurban yang diserahkan timnas U16 di balai kota Solo.

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: Lida Puspaningtyas
Suasana shalat idul adha di balai kota Solo yang dihadiri wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sekeluarga dan timnas u16, Senin (17/6/2024).
Foto: Muhammad Noor Alfian Choir
Suasana shalat idul adha di balai kota Solo yang dihadiri wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka sekeluarga dan timnas u16, Senin (17/6/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menjalankan shalat idul adha bersama keluarga dan timnas U16, Senin (17/6/2024).

Pantauan Republika, Gibran tiba sekitar pukul 06.12 WIB. Tampak juga istrinya Selvi Ananda bersama kedua anaknya Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah. Mereka kompak mengenakan pakaian bernuansa putih.

Baca Juga

Selain itu, tampak juga para pemain dan staf timnas u16 yang ikut shalat di balai kota Solo. Shalat id itu sendiri diimami oleh KH Muh Muhtarom sedangkan khotibnya Hidayat Maskur.

Hidayat berpesan agar masyarakat membagikan daging hewan kurban sesuai dengan anjuran agama, yakni 1/3 bagian bisa untuk makan sendiri dan keluarga, 1/3 lagi diperuntukkan bagi fakir miskin, dan 1/3 lainnya dapat dihadiahkan kepada orang berada.

 

Ia juga berharap momentum Idul Adha dapat menjadikan persatuan Indonesia makin erat.

"Mari berdoa agar bangsa Indonesia kekal selamanya dan sejajar dengan negara lain," katanya mengakhiri.

Gibran yang sekaligus Wakil Presiden terpilih juga menerima sapi kurban yang diserahkan timnas U16 di balai kota Solo. 

Penyerahan sapi kepada pemerintah kota Solo tersebut dilakukan langsung setelah shalat idul adha yang juga digelar di balai kota Solo. Dimana penyerahan tersebut disaksikan langsung oleh awak Garuda muda dan staf yang hadir. 

"Iya, terima kasih sekali timnas hari ini bergabung shalat id di sini, berkurban juga di sini juga. Ini luar biasa sekali. Ada sapi dari timnas, maturnuwun sekali" kata Gibran, Senin (17/8/2024). 

Gibran mengatakan pihaknya dan masyarakat kota Solo mendukung penuh timnas u16 yang akan berlaga di AFF tersebut. Dimana Garuda muda akan menghadapi timnas Singapura di laga pembuka. 

"Kami dari Pemkot Solo, masyarakat kota solo mendukung penuh timnas yang nanti diawali di hari Jumat, pertandingan dengan Singapura. Semoga pertandingan berjalan dengan baik, kita bisa meraih skor yang maksimal," katanya. 

Gibran menegaskan kota Solo siap menjadi tuan rumah piala AFF. Hal tersebut lantaran pengalaman sebagai salah satu tuan rumah piala dunia U17 lalu. Dimana Solo jadi tempat final laga piala dunia U17.

"Kalau kota Solo meski kecil, namun fasilitas olahraga khususnya pertandingan bola kita lebih dari siap. Apalagi kemarin kita piala dunia juga sudah berjalan dengan baik, kita jadi tuan rumah yang baik juga," katanya. 

"Insyaallah besok AFF berjalan dengan lancar dan yang penting  warga Solo bisa menonton langsung di lapangan untuk menambah semangat teman-teman. Yang jelas kita semangati timnas," katanya menambahkan. 

Sementara itu, manajer Timnas U16, Ahmed Zaki Iskandar pihaknya sengaja berkurban di Solo karena bertepatan hari raya idul adha. 

"Ini kurban PSSI ke Pemkot satu sapi. Ya pas hari raya idul adha juga kan, sekalian. Hari raya qurban, mohon doanya dari masyarakat, terutama dari Solo Kan kita home basenya di sini nih," katanya. 

Pihaknya berharap Gibran dapat hadir dan melihat setiap pertandingan yang ada. Pasalnya hal tersebut membuat motivasi tersendiri bagi Garuda muda. 

"Oh iya. Jadi motivasi tersendiri. Nanti kita harapkan juga pak wali bisa menyaksikan seluruh pertandingan dari timnas kita biar jadi motivasi untuk semuanya," katanya mengakhiri. 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement