Ahad 16 Jun 2024 10:37 WIB

Di Turnamen Graha Padma Walikota Cup 2024, Atlet-atlet PB Djarum Raih Hasil Gemilang

Para atlet PB Djarum yang tampil apik sejak babak empat besar.

Atlet PB Djarum menjadi juara pada ajang Graha Padma Walikota Cup 2024.
Foto: Dok. HOPBD
Atlet PB Djarum menjadi juara pada ajang Graha Padma Walikota Cup 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG – Perburuan gelar juara Graha Padma Walikota Cup 2024 mencapai puncaknya pada Sabtu (15/6/2024) siang. Partai final yang berlangsung di GOR Graha Padma, Semarang, telah menghasilkan 11 juara dari 11 kategori yang dipertandingkan. Para atlet PB Djarum yang tampil apik sejak babak empat besar, mampu meneruskan kegemilangannya dan menguasai podium juara di hari terakhir turnamen.

Ketua Pengurus Provinsi Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia Jawa Tengah (Pengprov PBSI Jateng) Basri Yusuf mengucap syukur bahwa kejuaraan yang diikuti oleh 826 atlet dari 171 klub bulutangkis di Indonesia ini bisa berjalan dengan baik dan lancar. Ia berharap, dari kejuaraan ini akan terus lahir bibit juara-juara dunia yang bisa mengharumkan nama Indonesia melalui bulutangkis di masa depan.

Baca Juga

"Kejuaraan Graha Padma Walikota Cup 2024 ini merupakan kejuaraan swasta nasional yang masuk ke dalam kalender PBSI dan mendapatkan peringkat poin nasional. Kita menyadari bahwa kegiatan kejuaraan nasional ini sangat penting karena dari hasil kejuaraan ini diharapkan akan muncul calon–calon bibit juara untuk pembinaan selanjutnya dalam rangka tetap terjadinya proses kaderisasi atlet," kata Basri menjelaskan.

Selain itu, lanjut Basri, Graha Padma Walikota Cup 2024 merupakan sarana evaluasi dalam proses pembinaan atlet-atlet bulutangkis, khususnya di Jawa Tengah. "Dari 11 kategori yang dipertandingkan di final ini, persaingan sengit terjadi di hampir semua kategori. Banyak pertandingan yang berlangsung ketat sampai rubber game. Ini artinya pembinaan pemain oleh klub-klub, sudah makin merata. Inilah salah satu target kami dengan mengadakan Graha Padma Walikota Cup 2024, agar bisa melihat gambaran di Jawa Tengah," ujar dia.

 

"Bagi dunia bulutangkis di Tanah Air, hal ini sangat penting karena sudah menjadi tanggung jawab kita sekarang maupun di masa depan, adalah menjaga agar mata rantai supremasi prestasi dunia bulutangkis Indonesia tidak boleh terputus," ujar Basri menambahkan.

Hal senada dikemukakan oleh Hisyam Rosyadi selaku General Manager Graha Padma Semarang. Selain memberikan ucapan selamat kepada para pemenang Graha Padma Walikota Cup 2024, ia juga berharap melalui kejuaraan yang juga didukung oleh Bakti Olahraga Djarum Foundation ini, para atlet tidak berpuas diri dan terus meningkatkan kemampuan mereka di masa mendatang.

"Kami mengucap syukur dan terima kasih kepada PBSI Pengprov Jateng dan Bakti Olahraga Djarum Foundation serta semua klub dan sponsor yang turut menyukseskan Graha Padma Walikota Cup 2024 ini. Sebuah kebanggaan kami dipercaya sebagai sponsor untuk kejuaraan nasional dan menjadi harapan yang baik agar muncul banyak bibit-bibit atlet yang bisa mengharumkan nama bangsa. Graha Padma selalu support untuk pembinaan bulutangkis Indonesia," ujar Hisyam.

Di partai final yang berlangsung sejak pagi, atlet-atlet PB Djarum mampu mendominasi raihan gelar juara Graha Padma Walikota Cup 2024. Klub asal Kota Kudus ini sukses meraih 5 juara dari 11 kategori yang dipertandingkan. Sedangkan Exist Badminton Club berhasil merebut 3 gelar juara, diikuti oleh PB Champion Klaten dengan 2 gelar juara dan Jaya Raya Satria 1 gelar.

Salah satu partai yang menarik perhatian khalayak di GOR Graha Padma adalah laga di kategori Tunggal Pemula Putra (TPA). Pemain asal PB Djarum Farel Fadhilah Ukasyah berhasil menjadi kampiun dengan mengalahkan Kevin Maulana Pattirane dari Mutiara Cardinal Bandung. Farel yang tampil percaya diri mampu menang dua set langsung dengan skor 21-11, 21-16. Ini menjadi gelar perdana Farel sejak bergabung dengan PB Djarum pada 2022.

"Saya merasa yakin sejak awal-awal gim pertama, jadi saat bertanding pun langsung 'panas'. Di gim kedua juga tidak banyak yang berubah, tapi lawan sempat mencoba pola permainan yang berbeda setelah interval. Dia bermain lebih menyerang. Tapi, saya berusaha untuk menjaga jarak poin dengan lawan sampai 'angka-angka tua' di gim terakhir," kata Farel yang berasal dari Pangkalpinang ini.

Sementara itu, duel menarik lainnya terjadi di kategori Tunggal Pemula Putri (TPI) yang mempertemukan unggulan kelima Berlian Indah Pinastika dari Exist Badminton Club dengan unggulan kedelapan Masayu Ridha Abiyu asal PB Djarum. Berlian Indah Pinastika mampu tampil apik hingga mengalahkan Masayu melalui straight games 21-11, 21-17.

"Sejak awal pertandingan, saya mencoba fokus untuk tidak membuat kesalahan sendiri. Setelah bisa mengambil gim pertama, tingkat keyakinan saya mulai naik. Tapi tetap saya coba pelan-pelan, raih poin demi poin, dan tetap yakin bisa menang. Dan akhirnya, bersyukur saya bisa juara," kata Berlian.

Rangkaian partai puncak Graha Padma Walikota Cup 2024 dengan hadiah total mencapai Rp 167 juta ini telah mempertandingkan 11 kategori dari kelompok usia pembinaan, yaitu U11 (usia dini), U13 (anak-anak), dan U15 (pemula).

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement