Kamis 13 Jun 2024 13:43 WIB

Perkuat Pendidikan Vokasi, Pusat Keunggulan DAIKIN Resmi Dibuka di SMKN 1 Cimahi

SMKN 1 Cimahi berkomitmen perkuat pendidikan vokasi

Vokasi. SMKN 1 Cimahi berkomitmen perkuat pendidikan vokasi
Foto: Dok Istimewa
Vokasi. SMKN 1 Cimahi berkomitmen perkuat pendidikan vokasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Pusat Keunggulan DAIKIN di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Cimahi pada Selasa (11/6/2024) resmi dibuka.

Pembukaan tersebut sekaligus menjadi perwujudan komitmen PT Daikin Airconditioning Indonesia (DAIKIN) untuk mengambil bagian lebih besar dalam pengembangan pendidikan vokasi di Indonesia.

Baca Juga

“Menjadi pengembangan kolaborasi kami dengan sekolah, Pusat Keunggulan DAIKIN ini dirancang untuk memberi manfaat utama bagi peningkatan kompetensi siswa didik. Khususnya terkait refrigerasi dan tata udara,” ujar Direktur PT Daikin Airconditioning Indonesia, Budi Mulia, dalam keterangannya, Kamis (13/6/2024).

Lebih lanjut dikatakannya, dengan pembukaan tersebut DAIKIN terhitung telah memiliki dua Pusat Keunggulan (DAIKIN Center of Excellence) bagi SMK di Indonesia.

 

Pusat Keunggulan DAIKIN di SMKN 1 Cimahi ini menempati satu ruang khusus diantara bangunan kelas. Tak ubahnya seperti kelas, pada bagian depan terdapat papan tulis dan proyektor.

Melangkah lebih kedalam, akan mendapatkan deretan rak dengan unit AC DAIKIN yang terpasang. Tak hanya AC single split bagi hunian, namun pula AC SkyAir DAIKIN yang peruntukannya bagi bangunan komersial.

Sementara pada bagian dinding, tertutup poster yang berisikan berbagai pengetahuan terkait dengan air conditioning (AC).

Keberadaan Pusat Keunggulan DAIKIN tak lepas dari upaya perusahaan untuk mengambil peran lebih besar bagi pengembangan sekolah vokasi yang telah berjalan selama ini.

Tak hanya berjalan sporadis, komitmen perusahaan ini bahkan tertuang dalam nota kesepahaman dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia sejak 25 Juli 2019 silam.

Seturut nota kesepahaman tersebut, DAIKIN berkolaborasi dengan berbagai instansi pendidikan vokasi meliputi penyelarasan kurikulum, pelaksanaan sertifikasi industri bagi guru dan siswa, menjadi guru tamu, praktik kerja lapangan bagi guru dan siswa, hingga donasi unit praktik untuk mendukung pembelajaran di sekolah. Sejak saat itu, DAIKIN terhitung telah menjalin kerjasama dengan 37 SMK dan 8 Balai Latihan Kerja di Indonesia.

“Keberadaan Pusat Keunggulan ini menjadi kesinambungan kelanjutan langkah kami dari berbagai kolaborasi ini,” kata Budi Mulia.

Di antaranya, memantapkan berbagai hal yang sebelumnya telah berjalan baik, sekaligus mengembangkannya menjadi pusat pelatihan dan penyelenggaraan uji kompetensi berbasis standar Badan Nasional Sertifikasi Profesi di masa depan.

Lebih dari itu dikatakannya, DAIKIN berharap, keberadaan Pusat Keunggulan ini dapat memberikan manfaat lebih luas yang menjangkau berbagai pihak di luar SMKN 1 Cimahi.

Hal yang dapat dilakukan melalui pemanfaatan sebagai pusat pelatihan maupun pengujian bersama bagi sekolah mitra maupun asosiasi yang terkait dengan refrigerasi dan tata udara di sekitaran Cimahi.

“Semakin tingginya kompetensi calon tenaga ahli, khususnya bidang refrigerasi dan tata udara, memberi peluang semakin besar bagi industri untuk mendapatkan sumber daya manusia dengan kompetensi unggul. Hal yang menjadi salah satu kunci utama kemajuan perusahaan,” paparnya.

Bagi DAIKIN, tenaga ahli dengan kompetensi memadai ini akan sangat dibutuhkan untuk mendukung operasionalnya. Duduk sebagai pemimpin pada industri solusi tata udara di Indonesia, hingga saat ini, DAIKIN tercatat memiliki 16 kantor perwakilan yang tersebar menyentuh berbagai wilayah di Indonesia.

Beriring dengannya, DAIKIN memiliki sekitar 1.400 mitra bisnis yang mendukung dalam distribusi produk dan layanannya. Terlebih lagi tahun depan bakal menjadi fase baru bagi DAIKIN di Indonesia.

Hal ini terkait dengan rencana besar DAIKIN untuk memulai produksi AC di dalam negeri melalui fasilitas produksi yang tengah dibangun di kawasan Cikarang.

“Hal ini setidaknya dapat menjadi gambaran sedemikian besarnya kebutuhan sumber daya manusia dengan kompetensi memadai di bidang refrigerasi dan tata udara,” tambahnya.

Menyambut resminya pembukaan Pusat Keunggulan DAIKIN, Kepala Sekolah SMKN 1 Cimahi, Agus Priyatmono Nugroho berharap sinergi yang terus berkembang dengan DAIKIN ini dapat berlanjut di masa mendatang.

“Kami sangat menyambut baik sinergi dengan industri yang berbuah berdirinya Pusat Keunggulan ini. Sekaligus berharap, sinergi ini akan terus berkembang di masa mendatang,” kata Agus Priyatmono Nugroho.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement