Selasa 11 Jun 2024 08:12 WIB

Fans Valencia Dihukum 8 Bulan Penjara karena Pelecehan Rasis Terhadap Vinicius Jr

Tiga penggemar Valencia yang dihukum kemungkinan tidak akan dibui.

Vinicius Junior menangis dalam konferensi pers mengungkapkan kesedihannya menahan sakit atas penghinaan rasisme.
Foto:

Peristiwa tersebut memicu dukungan untuk sang penyerang Brasil dan mendorong serangkaian kampanye lokal dan internasional, termasuk pembentukan komite anti-rasisme FIFA yang terdiri dari para pemain.

“Saya senang melihat tindakan tegas dan hukuman yang diambil oleh pihak berwenang Spanyol terkait pelecehan rasis yang ditujukan kepada Vinicius Jr dalam pertandingan LaLiga Spanyol pada Mei 2023,” kata Presiden FIFA Gianni Infantino dalam sebuah pernyataan di Instagram.

"Ini adalah langkah positif. Pesan kami kepada orang-orang di mana pun di dunia yang masih berperilaku rasis ketika mereka berurusan dengan sepak bola jelas: kami tidak menginginkan Anda.

“Orang-orang ini harus dikucilkan, mereka bukan bagian dari komunitas kita dan bukan bagian dari sepak bola.”

Presiden La Liga Javier Tebas juga mengatakan dalam sebuah pernyataan, keputusan ini merupakan berita bagus untuk memerangi rasisme di Spanyol. "Ini memperbaiki kerusakan yang diderita oleh Vinicius Jr dan mengirimkan pesan yang jelas kepada orang-orang yang pergi ke stadion sepak bola untuk menghina, La Liga akan mengidentifikasi mereka, melaporkan mereka, dan akan ada konsekuensi pidana bagi mereka.”

Dia menjelaskan bahwa dalam persidangan tersebut, para terdakwa telah membacakan surat permohonan maaf kepada Vinicius Jr, La Liga dan Real Madrid.

Real mengatakan dalam satu pernyataan bahwa para terdakwa telah memperlihatkan "pertobatan" dan dalam suratnya telah “meminta kepada para penggemar bahwa semua jejak rasisme dan intoleransi harus dihilangkan dari kompetisi-kompetisi olahraga".

“Real Madrid, yang bersama dengan Vinicius Jr telah bertindak sebagai jaksa penuntut pribadi dalam proses ini, akan terus bekerja untuk melindungi nilai-nilai klub kami dan untuk memberantas setiap perilaku rasis di dunia sepak bola dan olahraga,” demikian pernyataan klub.

Vinicius yang berusia 23 tahun telah membantu Real meraih gelar La Liga dan Liga Champions musim lalu. Ia dinobatkan sebagai pemain terbaik Liga Champions musim ini dan merupakan salah satu unggulan untuk memenangkan Ballon d'Or sebagai pemain terbaik dunia pada bulan Oktober.

 

Enam belas...

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement