Jumat 07 Jun 2024 03:46 WIB

Skuad Inggris tanpa Harry Maguire dan Jack Grealish di Euro 2024

Maguire dan Grealish masuk daftar 7 pemain yang dicoret dari skuad awal Inggris.

Bek timnas Inggris Harry Maguire
Foto: AP/Manu Fernandez
Bek timnas Inggris Harry Maguire

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Harry Maguire akhirnya terdepak juga dari skuad Inggris untuk turnamen besar. Setelah kerap mendapatkan kritik karena selalu membawa Maguire ke dalam skud Inggris, meski sang pemain bertahan tak menampilkan performa prima di Manchester United, Southgate akhirnya meninggalkannya untuk Euro 2024.

Namun rupanya, Southgate masih membela bek tengah Setan Merah ini. "Keputusan tentang Harry sepenuhnya tentang kondisi fisiknya dan pemulihannya dari cedera. Tidak ada alasan lain karena dia adalah salah satu bek tengah terkuat kami," kata Southgate selepas pengumuman skuad Inggris untuk Euro 2024 pada Kamis (6/6/2024).

Baca Juga

Namun uniknya, Luke Shaw berhasil masuk dalam skuad meskipun masih cedera. Southgate berdalih, ia dapat mengambil satu risiko dengan Shaw yang merupakan rekan Maguire di MU.

"Itu risiko di mana kami memiliki cukup bukti ini dapat membuahkan hasil," kata Southgate tentang Shaw, yang tidak berlatih dengan skuad pada Kamis menjelang pertandingan persahabatan melawan Islandia pada Sabtu (8/6/2024) dini hari WIB di Wembley.

 

Maguire, 31 tahun, mengaku "hancur" karena tidak dimasukkan dalam skuad the Three Lions.

"Sederhananya, saya benar-benar kecewa," tulis Maguire di media sosial. "Bagi saya, mewakili Inggris adalah kehormatan tertinggi. Itu berarti segalanya bagi saya. Jika saya tidak dapat membantu tim sebagai pemain, saya akan mendukung mereka sebagai penggemar bersama dengan seluruh warga."

Nama high profile lainnya yang gagal masuk skuad adalah Jack Grealish. Gelandang serang Manchester City ini juga belakangan jarang dimainkan oleh pelatih Pep Guardiola. Menurut Pep, performa Grealish tengah menurun, tapi ia percaya pemain yang diboyong dari Aston Villa dengan harga 100 jutra pound itu bisa kembali menemukan penampilan terbaik.

Dari daftar nama yang diumumkan, Southgate memberikan indikasi Inggris akan bermain ofensif. Jude Bellingham, yang membantu Real Madrid memenangkan Liga Champions, Harry Kane dari Bayern Munchen, Phil Foden, yang tampil gemilang bersama Manchester City, dan Bukayo Saka dari Arsenal akan mengisi lini depan the Three Lions.

Ia mengaku gembira setelah Inggris memetik kemenangan 3-0 atas Bosnia dan Herzegovina pada laga uji coba. Dalam pertandingan itu, Inggris memiliki banyak pemain berpengalaman di lini serang yang tidak bermain sebagai starter.

"Kami masih memiliki banyak pencetak gol dalam tim. Dalam hal menyerang, itu sangat penting. Profil lini tengah kami, cara kami mengoper bola ke depan dengan lebih cepat, melihat operan ke depan, itu membuat saya bersemangat menonton latihan," kata Southgate.

Selain Maguire dan Grealish, ada James Maddison, Jarrad Branthwaite, James Trafford, Curtis Jones, dan Jarrell Quansah yang juga tercoret. Menurut Southgate, para pemain itu meresponsnya dengan sangat hormat.

"Tentu saja, semua pemain akan berpikir bahwa mereka harus masuk dan itulah mengapa mereka adalah pemain top.  Faktanya adalah kami memiliki beberapa pemain yang telah bermain sangat baik di liga sepanjang musim," kata Southgate.

Crystal Palace menyumbangkan pemain terbanyak ke dalam skuad, kiper Dean Henderson, bek Marc Guehi, gelandang Adam Wharton, dan penyerang Eberechi Eze.

Guehi, Wharton, dan Eze termasuk di antara selusin pemain yang tidak memiliki pengalaman turnamen besar, bersama dengan Lewis Dunk, Joe Gomez, Ezri Konsa, Kobbie Mainoo, Jarrod Bowen, Anthony Gordon, Ivan Toney, Ollie Watkins, dan Cole Palmer.

"Anda mencoba menyeimbangkan pengalaman di mana kami memiliki 11 pemain yang telah mengikuti tiga turnamen atau lebih dengan pemain yang lebih muda yang bermain sangat baik sehingga kami tidak dapat mengabaikan apa yang mereka lakukan," kata Southgate.

Inggris memulai perjalanan di Euro 2024 mereka melawan Serbia pada 16 Juni.

Skuad Inggris untuk Euro 2024

Kiper: Dean Henderson, Jordan Pickford, Aaron Ramsdale

Bek: Lewis Dunk, Joe Gomez, Marc Guehi, Ezri Konsa, Luke Shaw, John Stones, Kieran Trippier, Kyle Walker

Gelandang: Trent Alexander-Arnold, Conor Gallagher, Kobbie Mainoo, Declan Rice, Adam Wharton

Penyerang: Jude Bellingham, Jarrod Bowen, Eberechi Eze, Phil Foden, Anthony Gordon, Harry Kane, Cole Palmer, Bukayo Saka, Ivan Toney, Ollie Watkins

sumber : Reuters

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement