Ahad 02 Jun 2024 18:46 WIB

144 Peserta Ikuti Seleksi Terbuka Borneo FC U-16 di Bontang

Seleksi berlangsung di Stadion Mulawarman Bontang selama dua hari, 1-2 Juni 2024.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Sebanyak 144 Peserta Ikuti Seleksi Terbuka Borneo FC U-16 di Bontang.
Foto: Dok. Borneo FC
Sebanyak 144 Peserta Ikuti Seleksi Terbuka Borneo FC U-16 di Bontang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Borneo FC Academy berkolaborasi dengan PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) menggelar seleksi Elite Pro Academy (EPA) U-16 bagi bibit muda berbakat di Kota Bontang. Seleksi berlangsung di Stadion Mulawarman Bontang selama dua hari, 1-2 Juni 2024. 

Direktur Keuangan dan Umum Pupuk Kaltim Qomaruzzaman mengungkapkan, hal ini merupakan wujud nyata kontribusi pihaknya terhadap industri sepak bola, sekaligus memfasilitasi bibit atlet berbakat Kota Bontang agar memiliki peluang untuk berkiprah di kancah sepak bola nasional. Ia menyebut ini juga bagian dari komitmen Pupuk Kaltim yang telah menjadi sponsor utama tim Pesut Etam berlaga di level sepak bola tertinggi Indonesia selama dua musim terakhir. 

Baca Juga

Melalui seleksi U-16 Borneo FC Academy, Pupuk Kaltim berkomitmen untuk menggiatkan kembali pembinaan sepak bola usia muda di Kota Bontang dan Kalimantan Timur, agar makin banyak talenta muda berbakat yang terfasilitasi untuk berkiprah secara profesional. 

"Seleksi ini menjadi peluang bagi generasi sepak bola berbakat di Kota Bontang, dengan memberikan kesempatan berproses melalui kesinambungan pembinaan dan kedepannya mampu menjadi pemain profesional," ujar Qomaruzzaman dalam keterangannya, Sabtu (1/6/2024).

 

Menurut dia, upaya untuk menggenjot pembinaan sepak bola usia muda sudah menjadi target utama Pupuk Kaltim sejak mulai bersinergi dengan Borneo FC. Ditambah latar belakang skema pembinaan yang selama ini dijalankan, terbukti sukses melahirkan banyak pemain andal setelah diasah di akademi. 

"Kami yakin dengan kerja sama yang baik antara seluruh elemen, kami dapat melahirkan pemain berbakat yang akan mengharumkan nama Bontang maupun Kalimantan Timur di kancah nasional hingga internasional di bidang sepak bola profesional," ujar Qomaruzzaman. 

Ia pun berpesan agar para peserta bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan baik, serta menunjukkan semangat dan sportivitas melalui kemampuan yang dimiliki. Kata dia, sepak bola bukan hanya berbicara kompetisi, tapi juga tentang membangun karakter, kerjasama tim, disiplin dan semangat juang tinggi. Sebab itu, kesempatan ini dapat menjadi ajang pembelajaran dan pengembangan diri para peserta untuk berproses dalam menggapai cita-cita yang diharapkan.

"Ingatlah bahwa dalam setiap pertandingan, yang terpenting bukan kemenangan semata, tetapi juga proses dan usaha yang dilakukan dalam mencapainya," kata Qomaruzzaman. 

Direktur Borneo FC Academy Jacksen F Tiago, menyampaikan seleksi terbuka ini diikuti 144 peserta dari pesepak bola muda berbakat kelahiran tahun 2008-2009. Sejak pendaftaran dibuka antusiasme pun sangat tinggi, bahkan tidak hanya dari Bontang, tapi juga daerah lain di Kalimantan Timur untuk mendapatkan tempat di skuad Borneo FC U-16. 

Melalui seleksi terbuka ini, Borneo FC diharap bisa menemukan talenta muda dengan kemampuan terbaik untuk kembali diasah menjadi pesepak bola profesional masa depan. 

"Kami percaya masih banyak pesepak bola muda berbakat dari Bontang dan Kalimantan Timur yang tersebar di luar sana. Maka dengan seleksi ini, kita bisa mengetahui bibit unggul terbaik untuk dibina secara profesional melalui sinergi antara Borneo FC dengan Pupuk Kaltim," kata Jacksen. 

Wali Kota Bontang Basri Rase, yang turut hadir membuka seleksi U-16 ini pun menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas dukungan Pupuk Kaltim bersama Borneo FC, yang telah memberikan kesempatan untuk menjaring potensi pemain lokal Bontang menjadi atlet sepak bola profesional. 

Basri menyebut ajang seperti ini sangat ditunggu oleh masyarakat, mengingat sangat banyak bibit muda berbakat Kota Taman yang berprestasi di bidang sepak bola, sehingga kesempatan ini menjadi peluang generasi muda untuk menjadi atlet profesional. 

"Seleksi U-16 ini bukti nyata kita semua memiliki visi yang sama untuk memajukan sepak bola di Kota Bontang, dengan memberikan kesempatan bagi anak-anak kita untuk mengembangkan potensi yang mereka miliki," ujar Basri.

Ia pun berharap seleksi ini terus dilaksanakan berkesinambungan dalam mendukung pengembangan bakat muda sepak bola Kota Taman, sekaligus membangun masa depan generasi melalui olahraga. Bagi para peserta yang dinyatakan lolos pada seleksi kali ini, diharap bisa membawa nama baik Pupuk Kaltim maupun Bontang melalui prestasi yang nantinya ditorehkan. 

"Kami yakin, pengalaman yang didapatkan dari seleksi ini akan menjadi bekal berharga dalam perjalanan generasi muda sepak bola kita, baik di dalam maupun di luar lapangan. Terima kasih kepada Pupuk Kaltim dan Borneo FC yang telah membuka kesempatan emas ini," ujar dia.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement