Jumat 31 May 2024 02:11 WIB

Bola Basket, Kemeriahan Jr NBA Week, dan Saran untuk Derrick Michael

Derrick Michael akan memperkuat tim Long Beach di NCAA Divisi 1 musim depan.

Dua  pemain Charlotte Hornets, Marques Bolden (kiri) dan Grant Williams.
Foto: Dok
Dua pemain Charlotte Hornets, Marques Bolden (kiri) dan Grant Williams.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Insan basket muda Indonesia kembali mendapatkan kesempatan berharga untuk menambah ilmu bola basket dari "biangnya basket", NBA. Operator kompetisi basket paling populer di dunia itu menggelar kembali program Jr NBA, yang memasuki satu dekade di Indonesia.

Jr NBA merupakan program pembinaan global NBA yang bertujuan untuk memperkenalkan olahraga basket dan gaya hidup aktif bagi anak-anak. Empat aspek yang ditanamkan ada dalam akronim STAR, yakni Sportsmanship atau sportivitas, Teamwork atau kerja sama tim, Positive Attitude atau sikap yang positif, dan Respect atau rasa hormat.

Baca Juga

Para pelajar SD, SMP, dan SMA di Bogor, Jakarta, dan Tangerang beruntung dapat mengakses program ini. Sebab, selain mendapatkan pelatihan, mereka juga bisa berkompetisi di turnamen basket yang digelar langsung oleh Jr NBA sejak akhir April lalu.

Puncaknya akan berlangsung akhir pekan ini. Untuk pertama kalinya dalam 10 tahun, Jr. NBA Week akan digelar di Indonesia, memungkasi rangkaian program Jr NBA. Jr NBA mendatangkan dua pemain dari Charlotte Hornets, Marques Bolden dan Grant Williams, untuk memeriahkan acara ini. Nama pertama tentunya tak asing karena merupakan tulang punggung timnas basket Indonesia yang meraih emas SEA Games di Vietnam pada 2022 silam.

 

Rencananya, acara puncak rangkaian satu dekade Jr NBA di Indonesia ini dimulai Sabtu (1/6/2024) di GOR Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta Selatan. Ada pertandingan Jr. NBA 3v3, coaching clinic, serta diskusi panel pemberdayaan perempuan dalam olahraga basket.

Kemudian keesokan harinya di tempat yang sama, ada final Jr NBA 3v3 dan NBA Celebrity Game. Bolden dan Williams akan terlibat dalam dua hari rangkaian acara Jr NBA Week ini.

Namun sebelum itu pada Jumat (31/5/2024) pagi, keduanya memberikan coaching clinic di SDN 05 Rawa Barat, Jakarta Selatan.

Bolden tak sabar menantikan antusiasme dari peserta mengikuti acara ini, terutama coaching clinic yang akan mereka berikan. "Anak-anak muda adalah masa depan di basket, jadi kita harus fokus ke hal itu, khususnya di Indonesia. Saya antusias pastinya menantikan keseruan dari anak-anak akhir pekan ini karena kami akan saling berbagi hal yang buat kami bahagia, yaitu bermain basket,” kata dia dalam wawancara terbatas dengan media, termasuk Republika, pada Rabu (29/5/2024) lalu.

Williams mengungkapkan hal senada. Ia mengatakan, basket adalah penghubung besar, bukan hanya di Indonesia, melainkan juga dunia.

"Saya senang menjadi bagian untuk mempromosikan gaya hidup sehat dan aktif bergerak untuk anakpanak. Saya sangat antusias untuk mengembangkan permainan basket di Indonesia, karena seperti yang kita semua tahu, Indonesia berhasil beberapa tahun lalu dengan meraih medali emas (SEA Games). Semoga itu bisa menjadi tradisi yang baru di Indonesia, untuk mempromosikan sebuah olahraga yang berhasil memenangkan medali emas,” kata Grant yang sempat lama membela finalis NBA musim ini Boston Celtics.

Pesan Williams untuk Derrick Michael

Grant Williams, lahir 30 November 1998, masuk ke urutan ke-22 secara keseluruhan dalam draft NBA 2019. Ia diambil Boston Celtics. Pada musim ketiganya, Williams dan Celtics lolos ke final NBA 2022, tapi harus mengakui keunggulan Golden State Warriors.

Pada pramusim lalu, ia hijrah ke Dallas Mavericks. Namun awal tahun ini ia di-trade ke Charlotte Hornets. Tahun ini, Celtics sudah memastikan tiket final NBA dan Mavericks butuh satu kemenangan lagi untuk menjadi lawannya.

Sebelum berlaga di NBA, ia bermain bola basket perguruan tinggi untuk Tennessee Volunteers, tim basket Universitas Tennessee–Knoxville, dari 2016 sampai 2019. Timnya berkompetisi di Southeastern Conference Divisi I NCAA.

Williams adalah...

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement