Selasa 28 May 2024 19:37 WIB

Gubernur Sugianto Ajak Semua Pihak Merefleksikan Perjalanan Pembangunan di Kalteng 

Gubernur Sugianto mengajak bersama-sama membangun Kalteng semakin berkah.

Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran menyerahkan secara langsung Piagam Penghargaan dan hadiah lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) dan TTG Unggulan Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah, bertempat di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng, Senin (27/5/2024).
Foto: Pemprov Kalteng
Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran menyerahkan secara langsung Piagam Penghargaan dan hadiah lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) dan TTG Unggulan Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah, bertempat di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng, Senin (27/5/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKA RAYA -- Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran menyerahkan secara langsung Piagam Penghargaan dan hadiah lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) dan TTG Unggulan Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah, bertempat di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng, Senin (27/5/2024).

Pada penyerahan yang dirangkaikan dengan acara Ramah Tamah dalam rangka Peringatan Hari Jadi ke-67 Provinsi Kalteng, Gubernur berharap semua dapat bersama-sama merefleksikan perjalanan pembangunan Bumi Tambun Bungai untuk saling berbagi kisah, ide, dan gagasan di antara seluruh elemen masyarakat dalam membangun Kalimantan Tengah Makin Berkah, Maju, dan Bermartabat.

Baca Juga

"Melalui momen Hari Jadi ke-67 kali ini, saya mengajak kita semua terus menjaga kerukunan dan keharmonisan, serta memperkuat semangat gotong royong dan persatuan, untuk bersama-sama membangun Kalimantan Tengah Makin BERKAH,” ujar Gubernur.

Selanjutnya, secara terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalimantan Tengah, Aryawan menyampaikan bahwa Pelaksanaan Lomba Inovasi tersebut bertujuan untuk menumbuhkan jiwa kreativitas dan inovasi di lingkungan masyarakat, khususnya wilayah perdesaan, sehingga dapat menghasilkan teknologi yang bermanfaat dan memiliki nilai ekonomis bagi kesejahteraan masyarakat sekitarnya.

 

“Ide, gagasan dan inovasi ini perlu terus dikembangkan, terlebih yang bermanfaat bagi masyarakat, dengan mengedepankan kearifan lokal yang selaras dengan potensi wilayah, sehingga hasil inovasi dapat bermanfaat secara optimal, berkelanjutan, dan professional,” katanya.

Sebagai informasi, Piagam Penghargaan dan hadiah lomba berupa uang pembinaan sebesar Rp 15 juta diserahkan kepada Juara I TTG Ari Mustapa dari Kabupaten Kapuas dengan karya inovasi Alat Pemupuk Tanaman Nanas dan Tanaman Pangan, dan Juara I TTG Unggulan Markurius Abednegoe dari Kabupaten Katingan dengan TTG unggulan berupa Olah Sampah Organik menjadi Sabun Natural Eco Enzyme Ramah Lingkungan.

photo
Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran menyerahkan secara langsung Piagam Penghargaan dan hadiah lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) dan TTG Unggulan Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah, bertempat di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng, Senin (27/5/2024). - (Pemprov Kalteng)

Kemudian, Juara II TTG Rahmat Ariadi dari Kabupaten Kotawaringin Timur dengan karya inovasi Sabut Liber Alat Pengupas Sabut Kelapa, dan Juara II TTG Unggulan Eko Dedi Saputro dari Kabupaten Pulang Pisau dengan TTG unggulan Alat Penabur Benih Padi mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 10 juta.

Sedangkan, Juara III TTG Weldu dari Kabupaten Murung Raya dengan karya inovasi Alat Pengolah Limbah Organik, dan Juara III TTG Unggulan Singkir dari Kabupaten Kapuas dengan TTG unggulan Produksi dan Pengembangan Probiotik untuk Budidaya Ikan dan Ternak mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 5 juta.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement