Selasa 21 May 2024 17:03 WIB

Raih Gelar Doktor Honoris Causa dari Korsel, Airlangga Beri Apresiasi

Saya berterima kasih atas apresiasi luar biasa dari Gyeongsang National University.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto meraih gelar doktor honoris causa dari Gyeongsang National University (GNU) di Jinju, Korea Selatan, Selasa (21/5/2024).
Foto: Antara/HO-Kemenko Perekonomian.
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto meraih gelar doktor honoris causa dari Gyeongsang National University (GNU) di Jinju, Korea Selatan, Selasa (21/5/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meraih gelar doktor honoris causa dari Gyeongsang National University (GNU) di Jinju, Korea Selatan (Korsel). Gelar tersebut ia dapatkan atas upayanya mendorong dan menjaga kolaborasi kedua negara, khususnya di bidang ekonomi, perdagangan, investasi dan pendidikan.

"Saya tentunya sangat berterima kasih atas apresiasi yang luar biasa dari Gyeongsang National University. Dengan semangat kemitraan yang saling memberikan dukungan, ke depan saya berharap agar kerja sama strategis di berbagai bidang antara Indonesia dengan Korea Selatan dapat terus meningkat dan memberikan manfaat yang besar bagi kedua negara," kata Airlangga dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (21/5/2024).

Pengakuan tersebut merupakan apresiasi atas dukungan penuh dan dedikasi Airlangga dalam mendorong kolaborasi dan kemitraan antara Indonesia dan Korsel. Penghargaan diberikan langsung oleh President of GNU Kwon Soon-Ki.

Dalam penganugerahan tersebut, Airlangga menyampaikan orasi ilmiah yang menggambarkan tentang Visi Indonesia Emas 2045, kondisi ekonomi dan geopolitik global, strategi pertumbuhan ekonomi jangka menengah dan panjang, dan komitmen terhadap kerja sama dan reformasi global.

 

Selain itu, Airlangga juga menyampaikan tentang langkah besar Indonesia yang menjadi negara Asia Tenggara pertama yang mulai bergabung dalam keanggotaan Organisasi Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan (OECD). Gyeongsang National University yang berdiri pada 1910 merupakan salah satu dari universitas unggulan di Korsel.

Pada 1 Maret 2021, GNU diintegrasikan dengan Universitas Sains dan Teknologi Nasional Gyeongnam. Universitas itu mencakup berbagai disiplin ilmu seperti sekolah tinggi humaniora, kedokteran hewan, farmasi, teknik, dan pendidikan.

Secara khusus, universitas ini juga telah memiliki banyak prestasi dalam disiplin ilmu kehidupan, teknik mesin, teknik dirgantara, teknologi nano, teknik material tingkat lanjut, dan kimia. Pada kesempatan yang sama, GNU Alumni Chairman Jeong Taek Soo memberikan apresiasi kepada Airlangga.

"Saya ucapkan selamat kepada Pak Airlangga atas gelar Doktor Honoris Causa dan kami sangat bangga karena Pak Airlangga menjadi bagian dari alumni GNU. Sesuai moto GNU selalu menjadi pionir, kami sangat menghargai keahlian Pak Airlangga baik secara personal maupun profesional dalam bidang perekonomian serta kemampuan Pak Airlangga dalam membina hubungan antar negara," ujar GNU Alumni Chairman Jeong Taek Soo.

Adapun kerja sama bilateral antara Indonesia dan Korsel telah terjalin lebih dari 50 tahun. Hubungan erat antara kedua negara terus didorong, utamanya dalam sektor ekonomi, perdagangan, dan investasi. Korea Selatan menduduki peringkat ke-7 realisasi investasi di Indonesia pada periode 2023 dengan nilai investasi sebesar 2,5 miliar dolar AS.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement