Sabtu 18 May 2024 15:52 WIB

UMM Kukuhkan Dua Profesor Baru Kaji Ekonomi dan SDGs

Orasi tak hanya berfokus pada ilmu ekonomi dan manajemen pemasaran saja.

Dua guru besar (gubes) dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) sukses dikukuhkan pada 18 Mei 2024. Keduanya adalah Prof Dr Idah Zuhroh MM dan Prof Dr Widayat MM.
Foto: Humas UMM
Dua guru besar (gubes) dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) sukses dikukuhkan pada 18 Mei 2024. Keduanya adalah Prof Dr Idah Zuhroh MM dan Prof Dr Widayat MM.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Dua guru besar (gubes) dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) sukses dikukuhkan pada 18 Mei ini. Keduanya adalah Prof. Dr. Idah Zuhroh, M.M. dan Prof. Dr. Widayat, MM yang semakin memperkuat kualitas pendidikan Kampus Putih. Menariknya, orasi ilmiah yang disampaikan keduanya tidak hanya berfokus pada ilmu ekonomi dan manajemen pemasaran saja, tapi juga berkaitan dengan sustainable development goals (SDGs).

Misalnya saja Idah yang membahas ekstentifikasi peran perbankan syariah dalam mendorong ketercapaian SDGs: pendekatan multilayer dan penguatan regulasi berbasis intersectoral. Menurutnya, peran perbankan syariah dalam mendorong pembangunan berkelanjutan menjadi semakin penting, karena dapat menjadi pemain kunci dalam memobilisasi dana untuk proyek-proyek yang mendukung SDGs.

“Hal itu menunjukkan bahwa sektor keuangan, terutama perbankan syariah, memiliki peran penting dalam memberikan kontribusi nyata terhadap tujuan-tujuan pembangunan global dan SDGs,” tambahnya. 

Ia juga membahas tentang konsep pembiayaan syariah multilayer. Konsep ini diilhami oleh anatomi bangunan gedung, yang terdiri dari pondasi, pedestal, dan pilar. Pondasi terdiri dari kerangka regulasi yang matang, komitmen yang kuat, dan infrastruktur keuangan yang memadai. Tiga elemen fondasi tersebut menjadi penopang bagi lima pilar utama. Di antaranya diversifikasi produk dan pembiayaan, pengembangan kapasitas SDM, manajemen risiko dan kepatuhan syariah, kecukupan modal, serta literasi dan adopsi keuangan syariah.

 

Penguatan kebijakan intersektoral yang diimplementasikan melalui kolaborasi berbasis inovasi terbuka juga penting. Kerja sama lintas sektor dan inovasi terbuka adalah kunci utama keberhasilan dalam meningkatkan peran intermediasi perbankan syariah, yang pada gilirannya membantu meningkatkan pencapaian SDGs.

Di sisi lain, Widayat mengkaji tentang cara membangun gaya hidup seimbang dan berkelanjutan untuk mewujudkan kesejahteraan holistik lebih baik. Ia menjelaskan bahwa isu-isu mengenai green economy, green marketing, responsible production and consumption, yang merupakan pilar SDGs, menyisakan pekerjaan rumah yang menarik. Maka, menciptakan gaya hidup seimbang dan berkelanjutan sangat penting. Menurutnya, kesejahteraan dan kebahagiaan masyarakat tidak hanya ditentukan oleh tinggi rendahnya pendapatan dan ukuran ekonomi lainnya. Kondisi sosial dan lingkungan menentukan kesejahteraan dan kebahagiaan. 

“Meningkatkan kesejahteraan, dapat ditempuh tidak hanya dengan meningkatkan pendapatan, namun juga perlu diimbangi peningkatan kualitas lingkungan, dimana mereka bekerja dan hidup. Bahkan problem-problem sosial, seperti budaya hidup tidak sehat, persoalan kesemrawutan transformasi, dan kondisi lingkungan fisik yang buruk berkontribusi kuat terhadapa kesejahteraan. Pun dengan polusi udara, pencermaran lingkungan, persoalan sampah, dan lain-lain,” tambahnya.

Untuk menciptakan kondisi lingkungan sosial yang baik dan membentuk kebiasaan berperilaku amar ma’ruf serta anti mungkar, bisa dilakukan dengan dakwah terintegratif. Adapun social marketing juga bisa dilakukan dengan pendekatan yang mengadopsi prinsip- prinsip conventional marketing, yang lebih relevan terhadap problem sosial dan lingkungan. Apalagi jika dibandingkan dengan pendekatan tradisional seperti pemberlakukan denda, hukuman atau sekedar kampanye sosial. 

Sementara itu, Rektor UMM Prof. Dr. Nazaruddin Malik, M.Si. memberikan selamat pada kedua gubes baru Kampus Putih. Menurutnya, topik yang dipilih keduanya sangat menarik karena membahas SDGs dari aspek ekonomi. Nazar mengatakan, salah satu tantangan besar Indonesia adalah menyelesaikan kesenjangan sosial. Apalagi melihat jumlah pengangguran usia 15-27 tahun yang mencapai 9,9 juta. 

“Apabila tidak diselesaikan, maka itu bisa memicu fenomena semkain melebarnya kesenjangan sosial di masa depan. Bahkan juga mereduksi stabilitas ekonomi dan politik secara nasional,” katanya.

photo
Rektor UMM Prof Dr Nazaruddin Malik Msi berpidato saat pengukuhan dua guru besar UMM pada 18 Mei 2024. - (Humas UMM)
 

Maka, melalui orasinya, kedua gubes UMM memberikan isyarat bahwa kajian eknomi tentang welfare economic yang termodifikasi menjadi kajian dan gerakan, harus didorong. Hingga akhrinya mampu mengakhiri kesenjangan sosial. Selain itu, Nazar menegaskan bahwa sebagai universitas, UMM selalu diharapkan untuk memberikan kontribusi bagi pendidikan dan perkembangan masyarakat. Berupaya mneyediakan pendidikan yang lebih baik, beasiswa, bantuan sosial, dan upaya kesejahteraan lainnya. 

“Sampai saat ini, UMM telah memiliki 62 gubes, Mudah-mudahan kita bisa mencapai 80-90 guru besar baru di tahun ini. Dengan demikian, Kampus Putih bisa berdedikasi memberikan layanan pendidikan yang lebih responsif dan berkualitas, semata-mata untuk pengabdian pada Allah SWT," katanya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement