REPUBLIKA.CO.ID, NUSA DUA -- Bertepatan dengan 11 tahun hari jadinya, PT Metra Digital Media (MDMedia) perusahaan di bawah TelkomGroup yang fokus pada industri komunikasi dan periklanan digital, memperkenalkan layanan Programmatic Advertising yang didukung oleh Data Telco pada acara Asia Pasific Media Forum (APMF) 2024 di Bali Nusa Dua Convention Center. Layanan Programmatic Advertising yang didukung oleh Data Telco ini merupakan kolaborasi antara MDMedia, Telkomsel dan Accenture. Pada kesempatan yang sama ini, sekaligus dilakukan penandatangan Nota Kesepahaman Uji Konsep (MoU POC) antara MDMedia dengan Telkomsel, Bank BRI dan Asia Media Prisma (APM) sebagai langkah awal pemanfaatan layanan tersebut di Indonesia untuk pertama kalinya.
Acara penandatanganan MoU POC ini dilakukan oleh Direktur Operation & Sales MDMe dia, Pujo Pramono dengan VP Brand & Marketing Communications Telkomsel Abdullah Fahmi, Head of Marketing Communications Division Bank BRI Roma JP Simanjuntak, dan Group Business Director Asia Media Prisma Ananto Pratikno, serta disaksikan oleh VP Business Planning Telkom Indonesia Anang Supriadi, Country Managing Director Accenture Indonesia Jayant Barghava dan GM Media Solution Telkomsel Ade Parulian.
Dalam sambutan pembuka, Pujo Pramono selaku Direktur Operation & Sales MDMedia, menyatakan terima kasih kepada rekan-rekan yang telah mendukung kolaborasi ini, terutama TelkomGroup, Accenture, Bank BRI, dan AMP. Ini adalah langkah awal dalam perjalanan menghadapi fenomena Cookie-less yang akan datang.
"MDMedia memiliki kepercayaan untuk meluncurkan layanan terbaru kami, yaitu Programmatic Advertising yang didukung oleh Data Telco milik Telkomsel. Layanan ini diharapkan dapat mengambil peran penting dalam menghadapi masa depan tanpa cookies dan menjadi layanan terkemuka dalam iklan programatik. Kami berkomitmen untuk membuktikan layanan ini mampu memberikan nilai tambah dalam industri periklanan khususnya dalam hal efektivitas dengan hanya berorientasi pada target pelanggan yang lebih sesuai serta lebih efisien," ujarnya dalam siaran pers.
Sementara itu, Anang Supriadi selaku VP Business Planning Telkom menyatakan, mewakili TelkomGroup, sangat antusias dengan inisiatif kolaborasi ini. "Kami percaya bahwa perubahan menuju Cookie-less dapat mengubah landscape industri periklanan. Dengan kebijakan Perlindungan Data Pribadi (PDP) yang ketat, kami yakin bahwa kami dapat bersaing dengan baik dalam menghadapi tantangan ini dan menjadi game changer dalam industri periklanan di Indonesia," ujarnya.
Roma JP Simanjuntak yang merupakan Head of Marketing Communication Division Bank BRI menambahkan, sangat senang untuk mendukung kolaborasi ini sebagai bagian dari sinergi BUMN. "Kami percaya bahwa melalui strategi pemasaran yang terarah dan efisien, kolaborasi ini akan membantu kami dalam menjangkau pelanggan kami dengan lebih baik serta membantu Bank BRI dalam perjalanannya untuk menjadi institusi perbankan yang lebih digital di Indonesia," katanya dalam siaran pers.
Sedangkan dari Asia Media Prisma Ananto Pratikno menambahkan, sebagai perusahaan Advertising Lokal dengan TKDN 100 persen Indonesia. "Kami bangga dapat menjadi bagian dari kolaborasi ini. Kami yakin bahwa dengan adanya data Telco, kami dapat mencapai potensi kreatif kami yang lebih besar dan memberikan dampak positif bagi masyarakat Indonesia," katanya.
Kolaborasi antara MDMedia dan Accenture yang didukung oleh Telkomsel adalah bukti dari komitmen TelkomGroup untuk terus berinovasi inovasi khususnya kali ini dalam industri periklanan digital yang mampu memberikan nilai tambah yang signifikan bagi pelanggan di Indonesia. “Semoga layanan ini kedepannya mampu memberikan solusi yang unggul bagi para pengelola brand di Indonesia guna meningkatkan daya saing, baik di domestik maupun kancah global,” ujar Pujo.