Senin 29 Apr 2024 12:55 WIB

Tren Inovasi Kian Berkembang, Mari Mengenal Dunia Data Science

Data Science merupakan tren inovasi yang terus berkembang.

Universitas Nusa Mandiri (UNM) membekali mahasiswa/I nya menjadi generasi muda untuk lebih siap menjelajah di dunia data science.
Foto: Dok. UNM
Universitas Nusa Mandiri (UNM) membekali mahasiswa/I nya menjadi generasi muda untuk lebih siap menjelajah di dunia data science.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Data Science merupakan tren inovasi yang terus berkembang dan selalu menarik untuk dipelajari. Era transformasi digital yang terus berkembang, menjadikan data sebagai komuditas utama dalam perusahaan.

Generasi muda harus bersiap menjelajahi dunia data science yang penuh keajaiban ini, khususnya mereka yang ingin berkuliah mengambil jurusani Sains Data juga lulusan yang mengambil keahlian ini pasti akan menikmati keseruan ini.

Baca Juga

Berikut beberapa keajaiban dunia data science:

Teknologi Quantum Computing

Quantum computing punya potensi besar untuk mengatasi masalah yang sulit dan kompleks dalam analisis data. Kemampuan komputasi ini jauh lebih cepat dibandingkan komputer kloasik, teknologi ini akan membawa revolusi dalam pemrosesan dan analisis data pada tingkat yang belum pernah terjadi.

 

Algoritma Data Science

Meningkatkan penggunaan algoritma machine learning dan deep learning menjadi tren yang signifikan. Algoritma ini menjadi kompleks dan mampu menghasilkan prediksi yang lebih akurat. Kecanggihan ini membuka pintu yang lebih luas bagi aplikasi data science.

 

Ethical Artificial Intelligence

Seiring terus berkembangnya teknologi data sains maka tren etika juga semakin kuat. Aspek etika dan keamanan dalam penggunaan data juga semakin meningkat. Industri data science bertanggung jawab penuh secara sosial dan etis pada tumbuhnya pengembangan algoritma ini.

 

Data Real Time

Kebutuhan yang mendesak di era teknologi digital saat ini dalam pengolahan data secara real-time. Kecepatan data real-time mampu merespons perubahan pasar dan tren dengan lebih cepat. Analisis data menjadi proaktif dalam mendukung pengambilan keputusan yang instan.

 

Explainable AI (XAI)

Kebutuhan yang makin beragam menginterprestasikan hasil algoritma machine learning menjadi semakin penting. Perkembangan XAI jadi salah satu trend utama, dimana algoritma dirancang bukan hanya memberi prediksi tapi juga untuk menjelaskan proses pengambilan keputusan dan ini dapat membantu meningkatkan kepercayaan pengguna data.

Itulah beberapa keseruan dalam dunia data science. Semua keajaiban ini akan kalian rasakan jika memilih program studi Sains Data. Dikenal sebagai Kampus Digital Bisnis, bagi generasi muda yang ingin masuk jurusan ini, bisa memilih Universitas Nusa Mandiri (UNM) sebagai pilihan kampusnya.

Universitas Nusa Mandiri (UNM) membekali mahasiswa/I nya menjadi generasi muda untuk lebih siap menjelajah di dunia data science.

Tertarik menjelajahi dunia data science? Ayo bergabung di Universitas Nusa Mandiri (UNM) program studi Sains Data. Informasi lebih lanjut silakan ke web https://pmb.nusamandiri.ac.id/.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement