Kamis 25 Apr 2024 15:31 WIB

Menhan AS Kontak Prabowo Bahas Modernisasi Alutsista RI

Menteri Austin menyampaikan kembali ucapan selamat dari Presiden AS kepada Prabowo.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Menhan Prabowo Subianto menerima telepon Menhan AS Lloyd J Austin III.
Foto: @prabowo
Menhan Prabowo Subianto menerima telepon Menhan AS Lloyd J Austin III.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pertahanan Amerika Serikat (Menhan AS) Lloyd J Austin III melakukan percakapan telepon dengan Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto untuk membahas sejumlah hal mulai dari modernisasi militer hingga ucapan selamat atas terpilihnya sebagai presiden Indonesia.

"Untuk membahas hubungan pertahanan AS-Indonesia, serta isu-isu keamanan regional dan global," kata Sekretaris Pers Pentagon Mayjen Pat Ryder melalui keterangan resmi Kedutaan Besar Amerika Serikat yang diterima di Jakarta, Kamis (25/4/2024).

Baca: Jenderal Andika Perkasa Meraih Legion of Merit dari Pemerintah AS

Menteri Austin, lanjut dia, kembali menyampaikan ucapan selamat dari Presiden AS Joe Biden kepada Menteri Prabowo atas kemenangannya baru-baru ini dalam pemilihan presiden Indonesia. Bersama-sama, Menteri Austin dan Menteri Prabowo turut menegaskan kembali pentingnya modernisasi militer Indonesia.

Keduanya pun membahas niat bersama kedua negara untuk memperdalam interoperabilitas melalui kerja sama yang lebih erat dalam bidang kemampuan pertahanan udara dan maritim. Menteri Austin juga berterima kasih kepada Menhan Prabowo atas bantuan kemanusiaan Indonesia yang baru-baru ini diterjunkan di Gaza, Palestina.

Baca: Mayjen Anton Yuliantoro Resmi Jabat Pangdivif 2 Kostrad

Keduanya juga sembari menekankan peran penting Indonesia sebagai pemimpin terkait isu-isu global. Tak sampai di situ, Menhan Austin mengingatkan pentingnya nilai-nilai bersama antara AS dan Indonesia sebagai dua negara demokrasi terbesar di dunia.

Kedua menteri menegaskan kembali pentingnya menjaga aturan serta norma internasional dalam menjaga Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka. Adapun Joe Biden sebelumnya juga mengucapkan selamat kepada Prabowo dalam sebuah surat tertanggal 12 Maret 2024.

Dalam surat dengan kop 'The White House', merujuk pada Gedung Putih atau Istana Kepresidenan AS, Joe Biden juga mengucapkan selamat atas Pemilu 2024. Hal itu setelah Prabowo bersama calon wakil presiden (cawapres) Gibran Rakabuming Raka dipastikan unggul pada Pilpres 2024.

Baca: Eks Ajudan Presiden SBY Resmi Sandang Bintang Tiga

"Saya ucapkan selamat kepada rakyat Indonesia atas keberhasilan menyelenggarakan pemilu, yang mana wujud komitmen kita bersama terhadap demokrasi, dan (selamat juga kepada) Anda yang unggul dalam perolehan suara. Saya menanti pengumuman hasil resminya," kata Biden dalam suratnya tersebut.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement