Rabu 24 Apr 2024 22:05 WIB

KPA Kalteng: HIV/AIDS Capai 2.400 Kasus, Mayoritas Kalangan Lelaki Seks Lelaki

Perilaku lelaki seks lelaki menjadi jalur penularan HIV/AIDS di Kalteng.

Perangkat rapid test HIV/AIDS. Kasus HIV/AIDS di Kalteng didominasi usia produktif, yakni antara 16 hingga 34 tahun.
Foto:

Saidah menyebut, praktisi kesehatan juga perlu mengedukasi orang dengan HIV/AIDS (ODHA) ataupun masyarakat umumnya terkait dampak negatif dan ancaman penyebaran penyakit itu terhadap kesehatan. Keluarga dan masyarakat diserukan untuk peka terhadap lingkungan, sehingga mampu mendeteksi potensi penyebaran HIV/AIDS.

"Kita juga harus memastikan bahwa orang dengan HIV/AIDS ini juga memiliki hak yang sama dengan masyarakat umumnya. Yang harus dijauhi ini penyakitnya, bukan orangnya," kata Saidah.

Umumnya, HIV/AIDS menular melalui darah, berhubungan badan, melewati jarum suntik, dan bisa melewati luka. Upaya pencegahan penyebaran virus HIV di antaranya ialah tidak melakukan hubungan seksual sebelum menikah dan setia kepada pasangan.

Masyarakat juga diingatkan menggunakan kondom atau alat pengaman saat berhubungan seksual pada pasangan yang berisiko. Selain itu, hindari mengonsumsi narkoba serta dapatkan edukasi/pengetahuan mengenai HIV dan AIDS dari orang yang tepat.

"Peran masyarakat juga sangat penting untuk turut serta dalam pencegahan dan penanggulangan HIV-AIDS , sehingga penularan virus ini dapat ditekan serta mampu meningkatkan kualitas hidup ODHA," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement