Senin 22 Apr 2024 11:56 WIB

Festival Balon Udara Wonosobo Diprediksi Gaet 25 Ribu Wisatawan Termasuk dari Mancanegara

Wisatawan dari Malaysia hingga Prancis ikut meramaikan Festival Balon Udara Wonosobo.

Rep: Antara/ Red: Qommarria Rostanti
Warga menyaksikan Festival Balon Udara di Wonosobo (ilustrasi). Festival tersebut menyedot sekitar 25 ribu wisatawan.
Foto: ANTARA/Anis Efizudin
Warga menyaksikan Festival Balon Udara di Wonosobo (ilustrasi). Festival tersebut menyedot sekitar 25 ribu wisatawan.

REPUBLIKA.CO.ID, WONOSOBO -- Festival Balon Udara 2024 di Wonosobo, Jawa Tengah, menyedot ribuan wisatawan untuk menyaksikan balon tradisional yang mengudara dengan ditambatkan tersebut. Kepala Disparbud Kabupaten Wonosobo Agus Wibowo mengatakan Festival Balon Udara digelar di beberapa titik sejak 11 April 2024.

"Sebagai puncak Festival Balon Udara pada Lebaran 2024 ini dilaksanakan di Alun-Alun Kabupaten Wonosobo dengan 53 peserta," kata dia pada akhir pekan lalu.

Baca Juga

Menurut dia, para wisatawan tidak saja datang dari Wonosobo, tetapi datang dari berbagai daerah dari luar Wonosobo, bahkan ada juga wisatawan mancanegara. Ia menyebutkan dari 11 April 2024 hingga kemarin (20/4) wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Wonosobo mencapai 189.550 orang.

"Saya belum memastikan untuk hari ini berapa puluh ribu pengunjung, estimasi saya kalau 25 ribu orang lebih," katanya.

Dia mengatakan, rata-rata balon udara itu jam pagi, kira-kira sampai jam 09.00 WIB sudah habis, setelah itu mereka pindah tempat ke kawasan Dieng dan beberapa titik destinasi. "Kegiatan ini menguntungkan, jadi ada efek ganda ke destinasi wisata juga," ujar Agus.

Agus menyebut, kegiatan tersebut menarik bagi wisatawan mancanegara. Dia bertemu dengan wisatawan dari Malaysia hingga Prancis yang memang sengaja ingin melihat festival balon udara ini. "Termasuk ada satu media dari China itu juga ikut memberitakan, kami berharap ke depan agar kegiatan ini terus meningkat menjadi kegiatan internasional," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement