Jumat 19 Apr 2024 14:28 WIB

Terungkap Penyebab Awal Bentrok Ormas yang Akibatkan Satu Orang Meninggal di Kota Bandung

Polisi memastikan sudah bertemu ketua kedua ormas untuk menjaga kondusifitas Bandung.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Agus raharjo
Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Budi Sartono melakukan pertemuan dengan ormas Sundawani dan Manggala pascabentrok di Jalan Dayang Sumbi, Kota Bandung
Foto: Dok Republika
Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Budi Sartono melakukan pertemuan dengan ormas Sundawani dan Manggala pascabentrok di Jalan Dayang Sumbi, Kota Bandung

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Polisi mengungkapkan kronologi kasus bentrokan antarorganisasi masyarakat (ormas) Manggala dengan Sundawani di Kota Bandung, Kamis (18/4/2024) petang. Satu orang anggota Manggala bernama Yadi alias Gundil meninggal dunia seusai mengalami luka bacok di bagian kepala, Kamis (18/4/2024) malam.

Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Budi Sartono, mengatakan penyidik masih mendalami kronologis peristiwa bentrokan antardua ormas di Jalan Dayang Sumbi, Kamis (18/4/2024) petang kemarin. Namun, keterangan awal sementara terjadi perselisihan yang dipicu oleh tabrakan sepeda motor.

Baca Juga

"Sementara sama dengan keterangan awal bahwa memang adanya kesalahpahaman, orang yang datang ke sana tertabrak selisih paham. Kemudian datang teman-temannya," ucap dia ditemui di Mapolrestabes Bandung, Jumat (19/4/2024).

Ia mengatakan penyidik masih melakukan pemeriksaan terhadap saksi yang berada di tempat kejadian perkara. Selain itu, mengecek seluruh CCTV yang berada di lokasi kejadian.

"Untuk total saksi ada lima orang," ungkap dia.

Setelah pemeriksaan, Budi mengatakan pihaknya akan merilis kasus tersebut termasuk mengungkap kronologi bentrokan. Ia mengaku sudah bertemu ketua Manggala dan Sundawani serta memastikan kondusifitas di Kota Bandung.

"Kemarin juga sudah mengumpulkan seluruh ketua ormas tersebut dan mereka sudah sepakat untuk sama-sama menjaga situasi kondusif dan memberikan pernyataan bahwa proses hukum diberikan ke pihak polres," kata dia.

Budi mengatakan ormas Manggala dan Sundawani tidak akan melakukan tindakan-tindakan atau gerakan lainnya yang dapat membuat Bandung tidak kondusif. Ia sendiri mengaku sudah melaksanakan takziah ke rumah duka.

"Kami sudah melaksanakan takziah ke keluarga korban dan keluarga korban juga sama akan menyerahkan kasus ini ke kepolisian," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement