Senin 15 Apr 2024 09:05 WIB

Demokrat: SBY-Prabowo di Cikeas Jadi Pertemuan yang Dahsyat

Prabowo didampingi Sjafrie dan Glenny saat silaturahim Lebaran dengan SBY.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Erik Purnama Putra
Pertemuan Presiden ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan capres nomor urut 2, Prabowo Subianto di Museum SBY ANI di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Sabtu (17/2/2024).
Foto: Dok Demokrat
Pertemuan Presiden ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan capres nomor urut 2, Prabowo Subianto di Museum SBY ANI di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Sabtu (17/2/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Koordinator Juru Bicara Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra mengatakan, presiden RI terpilih Prabowo Subianto sudah bersilaturahim ke kediaman Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Cikeas, Kabupaten Bogor pada akhir pekan lalu. Silaturahim tersebut menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah.

Herzaky memastikan, pertemuan keduanya tak membahas soal politik sama sekali. "Beliau berdua membuatnya seakan silaturahim biasa antar dua sahabat di waktu Lebaran. Tanpa bicara politik, tapi justru inilah yang membuat dahsyat pertemuan ini. Keduanya membangun tradisi yang sangat positif dan konstruktif untuk negeri ini," ujar Herzaky di Jakarta, dikutip Senin (14/4/2024).

Baca: Prabowo Terhormat Diberi Ucapan Selamat oleh Presiden Erdogan

Menurut Herzaky, Prabowo sangat menghormati SBY sebagai senior di militer dan perpolitikan Indonesia. Menurut dia, sikap tersebut sejalan dengan nilai yang dipegang teguh oleh masyarakat Indonesia.

SBY juga menunjukkan kenegarawanannya, menjamu Prabowo denan sangat baik di kediamannya. Hal itu disebutnya memberikan pesan kuat dari kedekatan kedua tokoh tersebut.

"Hubungan baik, silaturahmi, antardua sahabat, meski keduanya memang tokoh politik yang sangat berpengaruh di negeri, dua sosok presiden, harus terus dilakukan. Tidak selalu dalam kerangka politik, karena hidup ini tidak selalu harus mengenai politik," ujar Herzaky.

Baca: Eks Ajudan Prabowo Promosi Jabat Kepala Bainkomhan Kemenhan

Keduanya berupaya mengingatkan kembali, Lebaran merupakan momentum silaturahim, membangun kebersamaan, dan semakin merekatkan hubungan baik. Jangan setiap pertemuan kedua tokoh tersebut dikaitkan dengan hal-hal yang bersifat politik.

"Terakhir, beliau berdua memberikan pesan kuat atas kebersamaan dan soliditas keduanya yang tidak bisa dipisahkan. Pak SBY akan mendukung setiap langkah sahabatnya, Pak Prabowo, untuk lima tahun ke depan, termasuk dalam memberikan saran dan pertimbangan," ujar Herzaky.

Dia menyebut, Prabowo meminta saran kepada SBY terkait roda pemerintahan ke depan. "Begitu pula Pak Prabowo, akan meminta saran, pertimbangan, dan dukungan Pak SBY dalam langkah-langkah politiknya ke depan, seperti selama ini yang sudah sering beliau lakukan. Memberikan posisi terhormat kepada Pak SBY," ucap Herzaky.

Baca: Mengenal Ajudan Menteri AHY, Iptu M Imam Fadhil

Adapun Prabowo ketika bertemu SBY di Cikeas mengajak dua kawan akrabnya. Keduanya adalah Letjen (Purn) Sjafrie Sjamsoeddin dan Mayjen (Purn) Glenny Kairupan. Persamaan keempat orang itu adalah sama-sama penghuni Paviliun 5A Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Akabri) yang kini berganti nama Akademi Militer (Akmil).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement