Jumat 12 Apr 2024 09:26 WIB

Kapendam Cenderawasih Benarkan OPM Tembak Danramil Aradide

Korban dibunuh oleh kelompok OPM di daerah Pasir Putih, Paniani, Papua Tengah.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVII/Cenderawasih, Letkol Inf Chandra Kurniawan.
Foto: Antara/Evarukdijati
Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVII/Cenderawasih, Letkol Inf Chandra Kurniawan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVII/Cenderawasih, Letkol Inf Chandra Kurniawan membenarkan informasi, Organisasi Papua Merdeka (OPM) adalah pelaku penembakan terhadap Danramil 1703-04 Aradide di Kabupaten Paniani, Letda Inf Oktovianus Sogalrey pada Kamis (11/4/2024).

"Korban diserang dan ditembak oleh kelompok OPM di daerah Pasir Putih, Distrik Aradide, Kabupaten Paniai, Papua Tengah, Kamis," kata Candra ketika dihubungi dari Jayapura, Jumat (12/4/2024).

Baca: TNI Ganti Nama KST dan KKB Menjadi Organisasi Papua Merdeka

Dari laporan yang diterima Kapendam XVII/Cenderawasih, insiden itu berawal saat korban keluar dari Markas Koramil 1703-4/Aradide pada Rabu (10/4/2024) sore WIT. Namun, ketika ditunggu petugas sampai Kamis pagi WIT, yang bersangkutan tidak kembali.

Setelah itu, dilakukan pencarian dan korban ditemukan meninggal dunia akibat luka tembak. "Sesaat setelah ditemukan, jenazah korban dievakuasi ke Enarotali, kemudian dibawa ke Nabire," jelas Chandra.

Baca: Kronologi TNI-Polri Habisi Pimpinan KKB Abubakar Kogoya di Mimika

Saat ini, empat kota di Provinsi Papua Tengah sudah dapat dijangkau dengan jalan darat, melintasi jalan Trans-Papua ruas Nabire-Enarotali. Adapun kabupaten yang terhubung dengan jalan tersebut adalah Kabupaten Nabire, Dogiyai, Deiyai, dan Kabupaten Paniai.

Sebelumnya, pada Kamis sekitar pukul 09.00 WIT, masyarakat melaporkan ada penemuan jenazah, yang diidentifikasi sebagai Letda Inf Oktovianus Sogalrey. Korban ditemukan dengan luka robek akibat disayat secara sadis senjata tajam pada bagian kepala belakang.

Baca: Aparat Gabungan Tewaskan Dedengkot KST Papua Abubakar Kogoya

Pun saat ditemukan, sepeda motor yang digunakan korban tidak berada di lokasi. Adapun dari rekaman video yang beredar di kanal media sosial, OPM diidentifikasi sebagai pelaku pengadangan korban.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement