Jumat 12 Apr 2024 01:40 WIB

Wisata Kota Tua Jadi Pilihan Masyarakat untuk Mengisi Libur Lebaran

Kota Tua juga punya 3 museum yang berdekatan untuk tambah wawasan.

Sejumlah warga bersepeda saat berwisata di kawasan Kota Tua, Jakarta, Selasa (26/12/2023).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sejumlah warga bersepeda saat berwisata di kawasan Kota Tua, Jakarta, Selasa (26/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kawasan wisata Kota Tua di Jakarta Barat ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah yang hendak mengisi waktu libur pada H+1 Lebaran 2024, Kamis.

Menurut data pengunjung yang dihimpun Unit Pengelola Kawasan (UPK) Kota Tua pada Kamis, sebanyak 1.463 wisatawan memadati area Kota Tua sejak pukul 08.00 WIB hingga 12.00 WIB. Adapun rinciannya adalah 1.388 orang merupakan wisatawan dalam negeri dan 75 orang wisatawan mancanegara.

Baca Juga

Seorang pengunjung bernama Fauzi asal Depok mengaku sengaja mengajak keluarganya ke Kota Tua karena kawasan tersebut menghadirkan banyak pilihan wahana yang bisa dinikmati.

"Di sini banyak pilihan ya, tadi anak-anak nyobain sepeda, terus ada museum, banyak jajanan juga bisa sekalian makan-makan," kata Eka saat ditemui di Kota Tua pada Kamis (11/4/2024).

Senada dengan Eka, pengunjung lainnya bernama Nur asal Bogor juga memilih Kota Tua sebagai destinasi wisata untuk mengisi libur Lebaran karena aneka wahana dan atraksi yang ada di kawasan itu.

"Kemarin pas Lebaran kita kan udah silaturahmi sama keluarga, nah sekarang hari kedua ini kita jalan-jalan. Seru main di Kota Tua cuma agak panas aja ya," ucap Eka.

Sedangkan pengunjung bernama Wati asal Ciracas, Jakarta Timur menghabiskan waktu libur Lebaran di Kota Tua bersama dengan teman-temannya. Dia mengatakan sangat menikmati pertunjukan musik gratis yang digelar di kawasan tersebut.

"Ke sini sama temen-temen mumpung lagi libur, ternyata di sini ada live music jadi dari tadi di sini aja nonton," ujar Wati.

Pada H+1 Lebaran 2024 kawasan Kota Tua dipadati oleh pengunjung yang menikmati berbagai wahana dan atraksi di sekitar alun-alun.

Di Kota Tua pengujung bisa menikmati wahana penyewaan sepeda, pertunjukan musik gratis, rumah hantu, hingga berfoto bersama manusia patung. Selain itu, di kawasan wisata ini para pengunjung juga dapat menikmati aneka hidangan makanan dan minuman yang disuguhkan oleh restoran maupun pedagang kaki lima.

Bagi yang ingin berwisata sekaligus menambah edukasi, terdapat tiga museum yang bisa dikunjungi, yakni Museum Sejarah Jakarta atau juga dikenal dengan nama Museum Fatahillah, Museum Wayang, dan Museum Seni Rupa dan Keramik.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement