Rabu 10 Apr 2024 16:08 WIB

Pj Akmal Malik Rayakan Lebaran dengan Kunjungi Panti Asuhan

Bagi saya negara dan pemerintah harus turun tangan membantu permanen panti asuhan.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Malik bersama keluarga mengunjungi panti asuhan saat Lebaran, Rabu (10/4/2024).
Foto: Republika.co.id
Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Malik bersama keluarga mengunjungi panti asuhan saat Lebaran, Rabu (10/4/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, SAMARINDA -- Momentum Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah menjadi saat yang tepat meningkatkan tali silaturahim bagi semua umat Muslim. Tidak terkecuali Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Malik didampingi istri Yuliana Zubir bersama anak dan kerabat dekatnya memilih mengunjungi beberapa panti asuhan di Kota Samarinda, Rabu (10/4/2024).

Ada enam panti asuhan yang dikunjungi Pj Akmal bersama keluarga. Daftarnya adalah Panti Asuhan Yatim Berkah Syariah Jalan Patimura Gang Umi Kalsum Rapak Dalam Samarinda Seberang. Rumah Lansia dan Yatim Piatu Forum Jalinan I Kalimantan (FJDK) Provinsi Kaltim Jalan AW Syahrani Perum Pondok Alam Indah Blok I Sempaja Barat.

Selanjutnya, Pondok Pesantren Rahmatullah Jalan Sukorejo, Lempake, Samarinda Utara. Panti Asuhan Kasih Bunda Utari binaan Yayasan Kharisma Pertiwi di Jalan Padat Karya Bengkuring dan Panti Asuhan Aisyiyah Siti Khdijah Jalan Merdeka. Terakhir, Panti Asuhan Aisyiyah Al-Walidaturrahmah di Jalan Siradj Salman.

Pj Akmal menaruh perhatian lebih terhadap Panti Asuhan Kasih Bunda Utari binaan Yayasan Karisma Pertiwi yang kondisinya menyedihkan. "Ini tanggung jawab kita, negara dan masyarakat. karena tugas yayasan ini adalah untuk menampung anak-anak yang kurang beruntung," ujarnya.

"Jadi ini merupakan tugas kita. Saya sangat sedih melihat kondisinya, dan belum bisa memberikan apa-apa, tetapi insya Allah Pemprov Kaltim akan membantu. Bagi saya negara dan pemerintah harus turun tangan membantu secara permanen, jangan hanya sekadar bulanan," ucap Akmal kepada awak media di lokasi.

Akmal pun mendorong kepedulian pemimpin dan dermawan untuk dapat membantu panti asuhan yang gedungnya perlu direnovasi tersebut. Apalagi, anak-anak yang diasuh memang membutuhkan bantuan segera.

"Kami akan bicara dengan bapak wali kota, serta mencarikan solusi sehingga kondisi di lapangan sangat riil anak-anak yang mengalami permasalahan. Seperti anak korban pemerkosaan dan ditinggal orang tuanya. Makanya insya Allah sebagai pemimpin kita akan membantu," ucap Akmal yang memberikan santunan kepada anak yatim piatu.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement