Selasa 09 Apr 2024 18:14 WIB

Kontak Prabowo, Erdogan Ajak Perkuat Kerja Sama Militer RI-Turki

Prabowo kagum atas pencapaian Turki yang pada 2023 memperingati 100 tahun.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Presiden RI terpilih sekaligus Menhan, Prabowo Subianto menerima telepon dari Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.
Foto: @prabowo
Presiden RI terpilih sekaligus Menhan, Prabowo Subianto menerima telepon dari Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dalam percakapannya lewat sambungan telepon dengan presiden terpilih Prabowo Subianto menyebut, kerja sama RI-Turki semakin intens, terutama di bidang militer dan pertahanan.

Erdogan pun meminta kepada Prabowo beberapa kerja sama yang dijajaki, terutama selama dia menjabat sebagai menteri pertahanan RI untuk kembali dilanjutkan hingga tuntas. Bahkan diperkuat ke depannya.

Baca: Prabowo Terhormat Diberi Ucapan Selamat oleh Presiden Erdogan

"Hubungan bilateral kita memiliki agenda yang intens di beberapa area, seperti militer, pertahanan, kerja sama industri yang juga berkembang ke perdagangan dan keuangan," kata Erdogan lewat sambungan telepon yang diterima Prabowo di ruang kerjanya, Jakarta, Senin (8/4/2024), sebagaimana diunggah pada akun Instagram resmi Prabowo @prabowo, Selasa (9/4/2024).

"Saudaraku yang terhormat, momentum yang belum dapat kita hasilkan di kerja sama kita pada masa tugas Anda sebagai Menteri Pertahanan, akan terus diperkuat. Begitu juga dengan rasa saling percaya dua negara dan semuanya untuk kepentingan rakyat kita masing-masing," ucap Erdogan.

Prabowo sepakat dengan Erdogan. Dia meyakini kerja sama Indonesia dan Turki perlu diperluas ke depannya, terlebih juga karena hubungan dua negara sangat baik.

Baca: Eks Ajudan Prabowo Promosi Jabat Kepala Bainkomhan Kemenhan

"Persahabatan dan kerja sama antara Turki dan Indonesia harus dibina dan diperluas. Saya bertekad untuk melakukannya," kata Prabowo ke Erdogan.

Dia juga menyatakan, kekagumannya atas berbagai pencapaian Turki yang pada tahun 2023 memperingati usianya ke-100 tahun. "Kami mengagumi pencapaian rakyat Turki dan kami ingin bekerja sama untuk kebaikan rakyat kita masing-masing," kata Prabowo ke Erdogan.

Di sektor industri pertahanan, Indonesia dan Turki menjalin beberapa kerja sama antara lain antara PT Pindad dengan FNSS Turki memproduksi bersama tank bernama Kaplan atau di Indonesia diberi nama Harimau, yang 10 unit pertamanya telah diterima oleh Indonesia.

Baca: Dino Sebut Prabowo Berminat Jadi Pemain di Kancah Internasional

Turki dan Indonesia juga menjajaki peluang kerja sama untuk memproduksi bersama-sama pesawat nirawak, yaitu antara PT Dirgantara Indonesia dan Turkish Aerospace Industry, kemudian ada juga kemungkinan RI membeli rudal ATMACA buatan Rocketsan Turki untuk dipasang di kapal perang TNI AL yang saat ini masuk tahap modernisasi (refurbishment) di galangan PT PAL Indonesia di Surabaya, Jawa Timur.

Dalam percakapan dengan Prabowo, Presiden Turki Erdogan juga mengajak calon presiden terpilih RI itu untuk bersama-sama memikirkan cara menghentikan krisis kemanusiaan di Gaza. Erdogan menyebut menghentikan krisis kemanusiaan di Gaza, Palestina, saat ini merupakan prioritas mayoritas negara di dunia, khususnya negara mayoritas berpenduduk Islam.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement