Senin 08 Apr 2024 03:43 WIB

Pemudik Waspadai Kondisi Gelap di Tol Trans Jawa Ruas Brebes-Semarang

Para pemudik kehilangan jarak pandang yang panjang.

Kendaraan pemudik melintas di ruas (ilustrasi).
Foto: Republika/Prayogi
Kendaraan pemudik melintas di ruas (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Pemudik Lebaran diharapkan meningkatkan kewaspadaan saat melintas di Jalan Tol Trans Jawa ruas Brebes - Semarang, Jawa Tengah yang gelap tanpa lampu penerangan pada sejumlah lokasi.

Berdasarkan pantauan, Ahad (7/4/2024) malam, suasana gelap tanpa sinar penerangan lampu itu didapati sesaat setelah melintas masuk melewati Gerbang Tol (GT) Brebes Timur hingga kilometer 277.

Baca Juga

Selanjutnya, suasana gelap gulita akan kembali dihadapi pemudik saat melintas mulai dari kilometer 281 - kilometer 282, dan kilometer 288 hingga seterusnya sampai pintu ke luar Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang.

Tampak hanya sinar pantulan "mata kucing" marka jalan yang jadi pemandu utama para pemudik yang sebagian besar didominasi kendaraan minibus pribadi dan bus AKAP.

Sementara lampu penerang jalan akan banyak ditemui di sejumlah kawasan rest area, atau pun gerbang tol yang ada di sepanjang jalan tol Trans Jawa ruas Brebes-Semarang ini.

Kondisi jalan yang sebagian besar gelap seperti itu menjadi perhatian dari para pemudik yang mengendarai mobil pribadi.

Salah satunya Agus (46 tahun), pemudik asal Bandung, Jawa Barat itu saat ditemui di rest area 338A mengaku dengan kondisi demikian membuat dirinya beberapa kali dikejutkan dengan kendaraan di depan yang berhenti ataupun memperlampat laju secara tiba-tiba.

Hal demikian terjadi, menurut dia, karena jarak pandang ke mobil di depan menjadi terbatas sehingga membuat para sopir harus benar-benar menjaga konsentrasi.

"Ya kalau mobil itu stop lamp nya menyala kita bisa lihat, tak sedikit lampu belakangnya mati, kalo enggak hati-hati betul bisa ketabrak," kata dia sembari mengelap kaca depan mobilnya.

Namun secara umum, Agus menyatakan perjalanannya melintasi jalan tol Trans Jawa via GT Brebes Timur berlangsung lancar seiring diberlakukannya sistem satu arah atau one way, dan aman karena banyak menemukan petugas kepolisian bersama jasa marga yang bersiaga di bahu-bahu jalan tol.

Sementara itu, Kepala Posko Pengamanan Terpadu Kalikangkung AKP Sujid mengatakan bahwa pihaknya telah mengantisipasi terkait kondisi sejumlah ruas jalan yang tidak memiliki lampu penerangan jalan itu dengan menyiagakan petugas tim penyisir dari kepolisian dan jasa marga.

Ia memastikan tim penyisir tersebut akan memandu atau menolong dan memindahkan kendaraan yang mengalami kendala sesegera mungkin ke bahu jalan sehingga tidak mengganggu kelancaran arus lalu lintas.

"Semua potensi yang ada sejauh ini sudah diantisipasi secara maksimal, apalagi saat ini diberlakukan one way," ujarnya.

Otoritas jalan tol Trans Jawa berdasarkan diskresi dari Korps Lalu Lintas Polri sebelumnya telah menerapkan skema satu arah mulai dari Jumat (5/4/2024) malam dan akan berlangsung hingga Ahad (7/4/2024) malam pukul 24.00 WIB.

Sistem pengaturan arus lalu lintas itu diberlakukan secara efektif mulai dari ruas tol kilometer 72 Cikampek (Jalan Tol Cipali), termasuk GT Brebes Timur hingga kilometer 414 GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang untuk mendukung kelancaran arus mudik Lebaran.

Kondisi di GT Kalikangkung saat ini terpantau ramai lancar. Berdasarkan data dari petugas Jasamarga Transjawa tol GT Kalikangkung tercatat pada Ahad sejak pukul 06.00 WIB - 22.00 WIB sudah sebanyak 47.109 unit kendaraan yang tiba dari arah barat (Jakarta dan sekitarnya).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement