Jumat 05 Apr 2024 15:12 WIB

Universitas BSI Hadiri Sosialisasi Perguruan Tinggi Pendamping Program SMK PK

Program SMK PK ini adalah untuk mendampingi manajemen sekolah.

Kampus Digital Kreatif Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) menghadiri kegiatan Sosialisasi Perguruan Tinggi Pendamping Program SMK Pusat Keunggulan (SMK PK).
Foto: Universitas Bina Sarana Informatika
Kampus Digital Kreatif Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) menghadiri kegiatan Sosialisasi Perguruan Tinggi Pendamping Program SMK Pusat Keunggulan (SMK PK).

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Kampus Digital Kreatif Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) menghadiri kegiatan Sosialisasi Perguruan Tinggi Pendamping Program SMK Pusat Keunggulan (SMK PK). Kegiatan ini diwakili oleh Muhammad Sony Maulana selaku Kaprodi Sistem Informasi Universitas BSI kampus Pontianak sekaligus PIC Perguruan Tinggi. 

Acara ini menghadirkan Suharto selaku Sub Koordinator Evaluasi Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi sebagai narasumber. Ia menjelaskan adapun tujuan dari Program SMK PK ini adalah untuk mendampingi manajemen sekolah dalam hal penyusunan perencanaan, implementasi dan evaluasi seluruh kegiatan yang berkaitan dengan transformasi SMK Pusat Keunggulan. 

Baca Juga

“Mendampingi manajemen sekolah dalam hal mengembangkan kerja sama dengan mitra dunia kerja untuk mencapai hasil target luaran dan target dampak yang diinginkan. Mendampingi kepala sekolah meningkatkan kemampuan manajerial dan kewirausahaan dalam pengembangan dan pengelolaan sumber daya sekolah. Serta mendampingi manajemen sekolah dalam hal pemanfaatan sarana dan prsarana,” jelas Suharto dalam keterangan rilis, Jumat (5/4/2024). 

Hasil yang akan diharapkan lanjutnya, berupa manajemen sekolah mampu melakukan penyusunan perencanaan, implementasi dan evaluasi seluruh kegiatan yang berkaitan dengan transformasi SMK Pusat Keunggulan. Manajemen sekolah mampu mengembangkan kerja sama dengan mitra dunia kerja untuk mencapai hasil target luaran dan target dampak yang diinginkan. 

“Peningkatan kemampuan manajerial dan kewirausahaan dalam pengembangan dan pengelolaan sumber daya sekolah, dan manajemen sekolah mampu melaksanakan pembelajaran secara nyata dalam bentuk pelayanan kepada masyarakat dengan memanfaatkan saran dan prasarana sekolah,” katanya. 

Disamping itu, Sony mengatakan Universitas BSI telah menjadi Perguruan Tinggi Pendamping Program SMK PK sejak tahun 2023 dengan mendampingi 4 sekolah yakni SMKS TI YPML Tangerang, SMKS 5 Muhammadiyah Jakarta, SMK Terpadu AKN Marzuqi Dukuh Seti Pati dan SMK N 10 Semarang.

“Pelaksanaan pendampingan Universitas BSI di 4 sekolah selama tahun 2023 berjalan dengan lancar dibuktikan dengan seluruh laporan sudah terpenuhi pada 28 Desember 2023. Untuk tahun 2024 Universitas BSI menyatakan siap sebagai Perguruan Tinggi Pendamping yang dapat mendampingi SMK PK dari berbagai lokasi terutama di seluruh wilayah pulau Jawa dan Kalimantan,” ujarnya. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement