Kamis 28 Mar 2024 09:06 WIB

70 Persen Siswa SMA Khadijah Surabaya Lolos PTN Jalur SNBP 2024

Tiga siswa SMA Khadijah juga menjadi penerima golden ticket Unair.

Siswa SMA Khadijah Surabaya.
Foto: Republika/Dadang Kurnia
Siswa SMA Khadijah Surabaya.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Sebanyak 50 di antara 71 siswa SMA Khadijah Surabaya, Jawa Timur dinyatakan lolos masuk perguruan tinggi negeri (PTN) melalui jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) 2024 atau 70 persen siswa SMA itu yang lolos SNBP.

"Total siswa kami yang lulus tahun ini ada 174 siswa, tapi pendaftar SNBP dibatasi 40 persen, akhirnya 71 siswa kami yang mendaftar SNBP dan lolos 50 siswa atau 70 persen," kata Kepala SMA Khadijah Surabaya M Ghofar di Surabaya, Kamis (28/3/2024).

Baca Juga

Didampingi guru BK SMA Khadijah Surabaya Luluk Zakiyah, ia menjelaskan capaian 70 persen pada jalur SNBP 2024 itu merupakan peningkatan dibandingkan dengan capaian pada jalur SNBP 2023 yang 45 persen atau 37 siswa dari 83 peserta jalur itu.

"PTN yang dimasuki pada tahun lalu pun hanya tujuh PTN yang dominasi sebaran siswanya di Unesa dengan 19 siswa dan Unair dengan 11 siswa, sedangkan tahun ini ada 12 PTN dengan dominasi sebaran di Unair 16 siswa, Unesa 14 siswa, dan UINSA lima siswa," katanya.

Menurut dia, pencapaian ini mencerminkan dedikasi dari kalangan tenaga pendidik serta semangat belajar yang tinggi dari peserta seleksi untuk mengejar PTN impian mereka masing-masing, bahkan tiga di antara 16 siswa yang lolos di Unair mendapat golden ticket.

"Artinya tiga siswa kami itu lolos SNBP 2024 atas usulan murni dari Unair sendiri yang diusulkan ke Kemendikbudristek, setelah diseleksi pihak Unair dari 1.405 siswa pendaftar golden ticket ke Unair. Siswa jalur SNBP lainnya hasil seleksi kementerian," katanya.

Ketiga siswa SMA Khadijah penerima golden ticket Unair adalah Annisa Putri Amaliasari (XII MIPA 3, diterima di D4 Teknik Informatika Unair), Heranisa Artanti Putti Tjaraka (XII IPS 2, diterima di Ekonomi Islam Unair), dan Salsabila Aliyah Wirawan (XII MIPA 2, diterima di Fisika Unair).

"Yang membanggakan kami lagi adalah dari 50 siswa kami yang diterima lewat jalur tanpa tes (SNBP) itu tercatat tiga siswa diterima di kedokteran, yakni dua siswa di kedokteran umum (Unair dan Unibraw) dan satu siswa di kedokteran gigi (Unair), padahal tahun 2023 hanya satu siswa di kedokteran umum Unair," katanya.

Merujuk data 2023, jumlah siswa Jatim yang lolos jalur SNBP 2024 meningkat karena SNBP 2024 mencapai 24.423 siswa. Sedangkan SNBP 2023 tercatat 23.477 siswa atau mengalami kenaikan 946 siswa.

Guru BK SMA Khadijah Surabaya Luluk Zakiyah mengatakan sejak 25 Maret 2024, sekolah itu juga kedatangan seorang siswa dari program AFS untuk hosting selama seminggu mengikuti kegiatan belajar mengajar di kelas XI-5 SMA Khadijah.

"Nama siswa adalah Emmalani Mc Charty dari Amerika Serikat. Tahun sebelumnya selalu di SMA negeri, tapi tahun ini pelajar asing ingin suasana yang berbeda di sekolah agama, akhirnya pemerintah menunjuk SMA Khadijah, karena kami juga sudah beberapa kali melakukan pertukaran pelajar ke Malaysia, China, dan sebagainya," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement