Kamis 28 Mar 2024 04:06 WIB

Bahkan Bung Towel Pun Memuji Kemenangan Bersejarah Timnas Indonesia Atas Vietnam

Tommy Welly selama ini dikenal sebagai pengamat yang kerap mengkritik Shin Tae-yong.

Pemain Timnas Indonesia melakukan selebrasi seusai mengalahkan Vietnam pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia FIFA 2026 di Hanoi, Vietnam, Selasa (26/3/2024). Indonesia berhasil mengalahkan Vietnam dengan skor 3-0. Gol untuk Indonesia dicetak oleh Jay Idzes di menit ke-9, Ragnar Oratmangoen menit ke-23 dan Ramadhan Sananta di menit ke-98.
Foto:

Apakah Timnas Indonesia sudah bisa bermimpi tampil di Piala Dunia 2026? Harapan tentu ada. Apalagi, jika melihat progres positif pasukan Garuda di fase kualifikasi.

Hasil dua kali kemenangan atas Vietnam membuat Timnas Indonesia kini nyaman di posisi runner up klasemen sementara Grup F AFC. Kans melaju ke tahapan selanjutnya, semakin besar.

Perlu diketahui, Piala Dunia edisi terbaru berisi 48 tim. Apakah ketika pasukan Garuda lolos ke putaran ketiga, otomatis menjadi peserta Piala Dunia 2026? Bisa saja. Begini penjelasannya.

Jika finis di dua besar Grup F putaran kedua, maka Indonesia termasuk 18 negara yang berada di putaran ketiga zona Asia. Dari 18 negara tersebut, akan dibagi dalam tiga grup yang masing-masing berisi enam tim. Sistem pertarungan di grup pada putaran ketiga, masih sama.

Semua tim akan bertemu satu sama lain, dengan sistem kandang dan tandang. Lalu dua tim yang finis teratas di setiap grup lolos langsung ke Piala Dunia 2026. Tim peringkat ketiga dan keempat, masih diberi kesempatan untuk bertarung di putaran keempat.

Konfederasi Asia mendapat jatah delapan tim plus satu tim yang lolos dari playoff. Enam slot sudah tersisi. Masih ada dua tiket tersisa dan satu dari jatah playoff.

Lalu, enam negara yang melaju ke putaran keempat, memperebutkan dua tiket tersisa itu. Mereka dibagi dalam dua grup. Masing-masing berisi tiga tim.

Semua tim akan bertemu satu sama lain, di tempat nentral. Jadi bukan kandang-tandang. Masing-masing tim hanya bermain di dua pertandingan. 

Hasilnya, peringkat pertama di tiap grup pada putaran keempat ini, melaju ke Piala Dunia. Lalu tim yang berada di urutan kedua (di tiap grup), mencoba peruntungan di putaran kelima alias playoff menghadapi tim dari konferederasi lain. Demikian alur yang berpotensi dilalui Timnas Indonesia. 

Seperti kata Marselino Ferdinan, perjalanan masih panjang. Saat ini mereka bersukur setelah meraih kemenangan bersejarah di markas Vietnam. Selanjutnya, fokus pasukan Garuda hanya pada pertandingan di bulan Juni 2024 nanti.

"Puji Tuhan, bersyukur, dapat tiga poin di kandang lawan. Sangat-sangat luar biasa. Perjalanan masih panjang, dan kita fokus ke pertandingan selanjutnya," kata Marselino dalam video yang diunggah di akun instagram Timnas Indonesia, dikutip pada Rabu (27/3/2024).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement