Rabu 27 Mar 2024 20:24 WIB

AHY Akui Sudah Diperintah Prabowo Siapkan Kader Isi Kursi Menteri

Ketum Demokrat AHY mengaku sudah diperintah Prabowo untuk siapkan kader jadi menteri.

Rep: Febryan A/ Red: Bilal Ramadhan
Menteri Agraria dan Tata Ruang /Kepala Badan Pertanahana Nasional Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY. Ketum Demokrat AHY mengaku sudah diperintah Prabowo untuk siapkan kader jadi menteri.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Menteri Agraria dan Tata Ruang /Kepala Badan Pertanahana Nasional Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY. Ketum Demokrat AHY mengaku sudah diperintah Prabowo untuk siapkan kader jadi menteri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengakui bahwa capres pemenang Pilpres 2024 sudah meminta dirinya menyiapkan kader terbaik Partai Demokrat untuk menduduki kursi menteri di kabinet Prabowo-Gibran kelak.

"Bapak (Prabowo) juga sudah memerintahkan kepada saya untuk menyiapkan sejumlah kader terbaik Partai Demokrat yang akan membantu Bapak di kabinet dan pemerintahan mendatang," kata AHY berpidato di hadapan Prabowo dalam acara buka bersama Partai Demokrat di Hotel St. Regis, Jakarta Selatan, Rabu (27/3/2024).

Baca Juga

AHY berharap, kader-kader terbaik Partai Demokrat kelak benar-benar bisa membantu pemerintahan Prabowo-Gibran untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik. Partai Demokrat secara organisasi dan kadernya yang masuk kabinet bakal fokus membantu menunaikan janji-janji kampanye Prabowo-Gibran.

"Kami bertekad untuk menyukseskan pemerintahan dan legacy Bapak. Kami akan fokus untuk membantu menunaikan janji-janji kampanye Pak Prabowo," kata AHY dalam acara yang turut dihadiri Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu.

AHY mengakui, kemenangan Prabowo dalam Pilpres 2024 membuat Partai Demokrat berhasil menunaikan misi besarnya, yakni kembali berada di dalam pemerintahan. Menurutnya, Demokrat akan lebih leluasa memperjuangkan harapan rakyat ketika berada di dalam pemerintahan.

"Alhamdulillah, kemenangan Pak Prabowo telah memberikan kepastian posisi Partai Demokrat untuk kembali ke pemerintahan nasional pada periode 2024–2029," kata Menteri Agraria dan Tata Ruang yang baru dilantik Presiden Jokowi itu.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman mengatakan penyusunan kabinet merupakan hak prerogatif Prabowo Subianto sebagai pemenang Pilpres 2024. Kendati begitu, ia mengakui bahwa proporsi kabinet Prabowo-Gibran nanti sudah dibicarakan dengan para ketua umum partai politik.

Prabowo dalam beberapa waktu terakhir kerap bertemu ketua umum partai politik Koalisi Indonesia Maju. Ia yakin, dalam pertemuan tersebut juga disinggung soal kabinet periode 2024-2029.

"Secara substansi, hal ihwal terkait proporsi kabinet, menurut saya sih sudah dibicarakan. Kan Pak Prabowo juga sudah banyak melakukan pertemuan dengan para ketua-ketua umum ya, ada yang rame-rame, ada yang khusus juga," ujar Habiburokhman di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (26/3/2024).

Habiburokhman menambahkan, Prabowo menginginkan komposisi kabinet yang bisa diandalkan untuk melakukan kerja-kerja cepat. Tujuannya, agar para pembantunya di kabinet dapat segera melakukan penyesuaian setelah Prabowo dilantik pada 20 Oktober mendatang.

"Langsung gas pol, kerja, bagaimana mencapai target-target yang disampaikan dalam visi-misi dan program pemilu ini," ujar Habiburokhman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement