Kamis 21 Mar 2024 17:57 WIB

Presiden Singapura Beri Ucapan Selamat Atas Kemenangan Prabowo

Atas nama rakyat Singapura, saya ingin menyampaikan ucapan selamat ke Prabowo.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Erik Purnama Putra
Capres Prabowo Subianto.
Foto: AP Photo/Achmad Ibrahim
Capres Prabowo Subianto.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Capres Prabowo Subianto kembali mendapatkan ucapan selamat dari para pemimpin dunia setelah dinyatakan menang di Pemilu 2024. Kali ini Presiden Singapura Tharman Shanmugaratnam yang memberikan ucapan selamat melalui surat kepada Prabowo.

"Atas nama rakyat Singapura, saya ingin menyampaikan ucapan selamat yang tulus atas terpilihnya Anda sebagai Presiden Republik Indonesia ke-8," tulis surat tersebut, dikutip di Jakarta pada Kamis (21/3/2024).

Baca: Gagal ke Senayan, Ade Armando: Tuhan Belum Mengizinkan PSI

Presiden Shanmugaratnam mengatakan, kemenangan yang diraih menunjukan kepercayaan dan keyakinan masyarakat Indonesia terhadap kemampuan Prabowo untuk memimpin Indonesia menjadi negara yang lebih maju.

Menurut dia, Singapura dan Indonesia memiliki hubungan yang kuat yang diikat dalam semangat kekeluargaan dan persahabatan. Presiden Shanmugaratnam pun meyakini, di bawah kepemimpinan Prabowo, Indonesia dan Singapura akan terus menjadi sahabat dan mitra yang dekat, seiring dengan kerja sama untuk memperkuat hubungan bilateral demi kepentingan masyarakat kedua negara.

Shanmugaratnam kemudian mengenang pertemuan terakhirnya dengan Prabowo, yakni pada November 2023 silam di Singapura.

Baca: Eks Menteri Penerangan dan Bapak Ilmu Komunikasi M Alwi Dahlan Berpulang

"Saya senang bertemu Anda pada November 2023 di Singapura untuk penganugerahan Darjah Utama Bakti Cemerlang (Tentera), yang mengakui kontribusi signifikan Anda dalam memperkuat hubungan pertahanan yang erat dan telah berlangsung lama antara Indonesia dan Singapura," ujar Shanmugaratnam.

Shanmugaratnam pun menantikan pertemuan kembali keduanya dan mengundang Prabowo berkunjung ke Singapura. "Saya sangat menantikan pertemuan kita berikutnya dan menyambut Anda untuk segera mengunjungi Singapura. Saya mendoakan kesehehatan dan kesuksesan Anda," ujar Shanmugaratnam.

Berdasarkan penetapan hasil Pemilu 2024, pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka meraih suara tertinggi untuk pemilihan presiden (pilpres). Pasangan dengan nomor urut 2 itu meraih 96.214.691 suara atau 58,58 persen.

Sementara pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar meraih 40.971.906 suara atau 24,94 persen. Sedangkan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD meraih 27.040.878 suara atau 16,46 persen. 

"Menetapkan hasil pemilihan umum presiden dan wakil presiden berdasarkan berita acara nomor 218/PL.01.08.-BA/05/2024 dalam Pemilihan Umum Tahun 2024," kata Ketua KPU Hasyim Asy'ari saat rapat pleno penetapan hasil pemilu 2024, Rabu malam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement