Ahad 17 Mar 2024 08:28 WIB

Ciplaz Garut Gandeng UMKM dan Serap 1.000 Tenaga Kerja Lokal

Ciplaz Garus menjadi rumah bagi brand lokal dan internasional yang pertama di Garut.

Suasana pembukaan Ciplaz Garut di Jawa Barat.
Foto: Republika.co.id
Suasana pembukaan Ciplaz Garut di Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Ciplaz Garut yang merupakan transformasi dari Ramayana Mal Garut di Jawa Barat resmi beroperasi kembali sejak pekan lalu. PT Jakarta Intiland (bagian dari Ramayana Group) menghadirkan pusat perbelanjaan pertama yang sudah beroperasi selama 12 tahun dan diresmikan oleh Penjabat Bupati Garut, Barnas Adjidin.

Direktur Operasional Ramayana, Halomoan Hutabarat menjelaskan, perusahaannya mempersembahkan Ciplaz Garut setelah 12 tahun Mal Ramayana Garut beroperasi. Dia menjelaskan, pembukaan pusat perbelanjaan itu ditandai pertunjukan karya seni dari sekolah, kampus, dan komunitas lokal, serta mengadirkan finalis Ciplaz Got Talent.

Baca: Mobil Xpander Tabrak Porsche GT3 di Showroom Bisa Dicover Asuransi?

"Selain itu kami juga melakukan penjualan beras murah di supermarket Robinson, dengan harga dibawah harga pasar sebanyak 3.000 paket. Kegiatan ini kami adakan dengan tujuan untuk membantu pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat Garut," ucap Halomoan dalam siaran pers di Jakarta, Ahad (17/3/2024).

Ciplaz Garut adalah tempat tradisi bersatu dengan inovasi dan kekayaan budaya menjadi sumber inspirasi. Menempati lahan seluas total 34 ribu meter persegi (m2) dengan luas area sewa (NLA) sebesar 20 ribu m2, Ciplaz Garus menjadi rumah bagi brand lokal dan internasional yang pertama di Garut.

"Hadirnya Ciplaz Garut, bertujuan untuk memberikan kontribusi positif untuk kemajuan Garut, salah satunya salah dengan terciptanya lapangan pekerjaan baru," ujar Holomoan. Saat beroperasi secara penuh nantinya, pusat perbelanjaan ini mampu menyerap sebanyak 1.000 tenaga kerja lokal.

Baca: Daftar Empat Emiten Saham Naik Signifikan pada Ramadhan 1445 Hijriyah

Selain itu, pihaknya bekerja sama dengan lebih 100 usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), instansi dan komunitas, dengan tujuan untuk memajukan perekonomian lokal. Holomoan mengaku, tiga bulan sebelumnya, perusahaan telah mengadakan kompetisi Garut Lokal Keren yang berkolaborasi dengan Komite Ekonomi Kreatif Garut.

"UMKM pemenang kompetisi ini mendapatkan modal usaha, lokasi usaha dan promosi di Ciplaz Garut. Kolaborasi lainnya adalah menghadirkan Garaya: Epicentrum of Local berkolaborasi dengan UMKM dan pengusaha lokal garut untuk mendorong kemajuan ekonomi mereka," ucap Holomoan.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement