Selasa 12 Mar 2024 16:06 WIB

Taj Yasin Raih Kursi DPD dari Jateng dengan Suara Tertinggi

Taj Yasin berhasil mendulang 3.821.699 suara.

Rep: Febryan A/ Red: Teguh Firmansyah
Mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen
Foto: Republika/Alfian Choir
Mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- KPU telah menetapkan hasil penghitungan perolehan suara Pemilihan Anggota DPD 2024 untuk Provinsi atau Daerah Pemilihan (Dpail) Jawa Tengah. Pemenang kursi DPD dari provinsi tersebut adalah empat calon yang memperoleh suara terbanyak, sebagaimana diatur dalam UU Pemilu.

Pemenang kursi pertama adalah Taj Yasin yang berhasil meraih 3.821.699 suara. Dia adalah wakil gubernur pendamping Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo periode 2018–2023. Taj Yasin merupakan putra dari ulama NU Almarhum KH Maimoen Zubair atau Mbah Moen.

Baca Juga

Kursi anggota DPD kedua dari Jawa Tengah didapatkan oleh senator pejawat Casytha A. Kathmandu yang mendulang 3.567.338 suara. Casytha merupakan putri dari Ketua Bappilu PDIP, Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul yang juga memenangkan kursi dalam Pileg DPR RI di Dapil Jateng IV.

Kursi ketiga dimenangkan oleh Abdul Kholik karena berhasil mengumpulkan 2.160.469 suara. Abdul juga senator pejawat yang kini menduduki posisi wakil ketua Komite I DPD RI. 

Kursi keempat diamankan oleh Denty Eka Widi Pratiwi karena dicoblos oleh 1.929.267 pemilih di Jawa Tengah. Denty juga senator pejawat yang sudah menjabat selama tiga periode terakhir.

Raihan suara resmi Pemilihan Anggota DPD Provinsi Jawa Tengah itu ditetapkan dalam dalam rapat pleno rekapitulasi penghitungan perolehan suara tingkat nasional, di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Selasa (12/3/2024) dini hari. Rapat dipimpin oleh Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari dan dihadiri oleh saksi peserta pemilu serta komisioner Bawaslu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement