Selasa 12 Mar 2024 07:26 WIB

Catat Ini Aturan Berbuka Puasa di dalam LRT Jabodebek 

Pengguna boleh makan dan minuman ringan hingga satu jam setelah waktu berbuka puasa.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Gita Amanda
Penumpang LRT diizinkan mengkonsumsi makanan dan minuman ringan selama waktu berbuka puasa. (ilustrasi)
Foto: Republika/Thoudy Badai
Penumpang LRT diizinkan mengkonsumsi makanan dan minuman ringan selama waktu berbuka puasa. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bertepatan dengan masuknya bulan Ramadhan 1445 Hijriyah, PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI memberlakukan aturan khusus bagi para pengguna LRT Jabodebek. Aturan khusus tersebut berupa diperbolehkannya pengguna membatalkan puasanya saat jam berbuka di dalam LRT Jabodebek. 

“Pengguna boleh membatalkan puasanya dengan makanan dan minuman ringan hingga satu jam setelah waktu berbuka puasa di dalam rangkaian LRT Jabodebek pada waktu berbuka puasa,” kata Manager Public Relations LRT Jabodebek Mahendro Trang Bawono dalam pernyataan tertulisnya, Selasa (12/3/2024). 

Baca Juga

Dia menjelaskan, pemberlakuan aturan tersebut merupakan bentuk toleransi kepada pengguna jasa LRT Jabodebek yang sedang menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Dengan begitu, pengguna LRT Jabobdek dapat leluasa berbuka di tengah perjalanannya. 

“Pengguna diperbolehkan makan dan minum mulai waktu berbuka puasa hingga satu jam setelahnya,” tutur Mahendro. 

Bersamaan dengan pemberlakuan aturan tersebut, petugas yang ada di dalam rangkaian LRT Jabodebek maupun di stasiun turut berperan aktif memberikan informasi kepada para pengguna bila waktu berbuka puasa telah tiba. KAI juga mengimbau agar pengguna tetap menjaga ketertiban, kebersihan, dan kenyamanan perjalanan LRT Jabodebek dan pengguna lainnya dengan menghindari makanan yang berbau menyengat dan makanan berat terutama saat waktu berbuka tiba. 

“Pengguna bisa menyimpan dan membuang sampah bekas makanannya sampai stasiun tujuan,” ucap Mahendro. 

Selama Ramadhan, KAI juga akan membagikan takjil gratis di beberapa stasiun LRT Jabodebek secara bergantian pada 15, 19, dan 22 Maret 2024. KAI juga menyediakan fasilitas air minum gratis yang bisa dinikmati oleh seluruh pengguna di 18 stasiun LRT Jabodebek.

Selama bulan Ramadan waktu layanan operasional LRT Jabodebek tetap berjalan normal. KAI mengoperasikan 308 perjalanan LRT Jabodebek pada hari kerja dan 260 perjalanan pada akhir pekan, cuti bersama, serta hari libur nasional. Sepanjang bulan Maret, LRT Jabodebek telah melayani 484.480 pengguna, dengan rata-rata harian sebanyak 44 ribu pengguna. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement