Selasa 05 Mar 2024 14:31 WIB

Heboh Bullying Parah di Oklahoma

Bullying harus dicegah bersama.

Rep: mgrol151/ Red: Erdy Nasrul
Bullying (ilustrasi)
Foto:

“Setiap kali dia memberitahu saya kemarin bahwa hal itu terjadi, saya harus bertanya kepada, ‘Tunggu, apa? Mereka menjilati selai kacang dari jari kaki. Apa?,” ucap salah satu orang tua saat memberikan tanggapan kepada KOKH. 

Pihak sekolah justru membeberkan hasil dari aksinya dengan mengumpulkan uang $152,830.38 untuk didonasikan kepada jaringan restoran yang sudah bekerja sama. 

Di sisi lain, kondisi di Indonesia saat ini juga marak terjadi bullying dalam dunia pendidikan. Fenomena ini semakin menjadi perhatian serius karena dampaknya yang merugikan, baik bagi korban maupun bagi masyarakat secara keseluruhan. 

Dilansir dari databoks, menurut Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) terdapat 30 kasus bullying atau perundungan di sekolah sepanjang 2023. Angka itu meningkat dari tahun sebelumnya yang berjumlah 21 kasus. 

Ditambah, tahun 2024 saat ini juga beredar beberapa kasus bullying yang terjadi dalam dunia pendidikan. Salah satunya kasus santri di salah satu pesantren di Kediri yang meninggal dunia karena mendapatkan perlakuan buruk dari beberapa temannya. 

Hal tersebut menjadi salah satu contoh kurangnya perhatian pihak sekolah dalam memberikan pemahaman sikap yang baik terhadap siswanya. 

 

Maraknya perundungan ini bisa diatasi dengan beberapa langkah, seperti meningkatkan kedisiplinan siswa, melakukan sosialisasi ramah anak, dan bisa yang tidak kalah penting peran orang tua untuk mendidik anaknya dengan baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement