Selasa 27 Feb 2024 06:35 WIB

Imigrasi Semarang Siapkan Layanan Paspor Elektronik Polikarbonat

Biaya pembuatan paspor polikarbonat masih sama sebesar Rp 650 ribu.

Ilustrasi pembuatan paspor.
Foto: Antara/Irfan Anshori
Ilustrasi pembuatan paspor.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Kantor Imigrasi Semarang, Jawa Tengah, menyiapkan layanan pembuatan paspor elektronik lembar polikarbonat yang mulai diterapkan pada Maret 2024.

"Imigrasi Semarang menjadi yang pertama melayani pembuatan paspor polikarbonat untuk wilayah Jawa Tengah," kata Kepala Imigrasi Semarang Guntur Sahat Hamonangan di Semarang, Senin (26/2/2024).

Baca Juga

Saat ini, sedang disiapkan penyetingan alat cetak polikarbonat yang akan digunakan. "Setelah ini akan dikirim blangko untuk paspor dari pusat," tambahnya.

Menurut dia, proses pembuatan paspor polikarbonat sama dengan paspor sebelumnya. Saat ini, biaya pembuatan paspor polikarbonat juga masih sama sebesar Rp 650 ribu. Sementara untuk layanan percepatan paspor terdapat tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sebesar Rp 1 juta

Guntur mengatakan rata-rata kuota pemohon paspor di Imigrasi Semarang mencapai 300 orang per hari. Pada paspor elektronik lembar polikarbonat itu, halaman biodata menggunakan bahan lebih kuat seperti plastik, sehingga tidak bisa terlipat.

Hal itu berbeda dengan paspor biasa dan paspor elektronik yang pada lembar halaman biodata dibuat dengan material kertas yang dilaminasi. "Bahan polikarbonat memiliki ketahanan lebih bagus dan rata-rata sudah dipakai di negara-negara di Eropa," tambahnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement