Jumat 16 Feb 2024 16:41 WIB

Harga Beras Makin Naik, Pemkab Majalengka Siap-Siap Gelar Operasi Pasar di Kecamatan

Untuk pelaksanaan OPM, Pemkab Majalengka pun sudah berkoordinasi dengan Bulog

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Antrean warga membeli sembako murah pada operasi pasar (ilustrasi).
Foto: Republika/Edi Yusuf
Antrean warga membeli sembako murah pada operasi pasar (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, MAJALENGKA -- Harga beras di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten  Majalengka terus mengalami kenaikan dalam beberapa waktu terakhir. Menyikapi kondisi tersebut, Pemkab Majalengka rencananya akan menggelar operasi pasar murah (OPM) khusus beras.

Penjabat Bupati Majalengka, Dedi Supandi, mengungkapkan, OPM rencananya akan digelar secara langsung di tingkat kecamatan. Adapun waktunya akan bersamaan dengan kunjungannya ke kecamatan-kecamatan di Kabupaten Majalengka.

"OPM rencananya dilaksanakan bulan ini. Jadwalnya juga sudah disusun," terang Dedi, Jumar (16/2/2024).

Untuk pelaksanaan OPM tersebut, Pemkab Majalengka pun sudah berkoordinasi dengan Bulog. Hasilnya, Bulog dipastikan akan menyediakan beras dan armada untuk mengangkut beras dari gudang penyimpanan ke lokasi OPM.

Pemkab Majalengka juga siap mensubsidi biaya transportasi pengangkutan beras tersebut dari gudang Bulog ke lokasi OPM. Hal itu untuk memastikan harga jual beras dalam OPM dibawah harga pasar.

"Jadi nanti harga (jual) ketika OPM sama seperti harga jual di gudang Bulog," cetus Dedi.

Dedi menyatakan, meski harganya naik, namun pasokan beras di pasar tradisional masih relatif aman. Bahkan di pasar-pasar yang lokasinya tak jauh dari areal persawahan, stok beras cukup melimpah.

Namun, kondisi tersebut memang berbeda dengan pasokan beras di pasar modern atau minimarket di wilayah Kabupaten Majalengka yang mulai langka. Untuk itu, Pemkab Majalengka akan membantu penyediaan pasokan beras ke minimarket.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Bulog," terang Dedi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement