REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Panti asuhan dan panti jompo merupakan sarana kesejahteraan sosial yang mempunyai peranan penting dalam memberikan penghidupan dan tempat tinggal yang layak bagi anak asuh serta lansia. Hal ini menjadi lebih maksimal jika lingkungan panti selalu bersih dan higienis.
Sebagai langkah nyata dalam mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat, SOS sebagai produk lokal asli Indonesia yang merupakan salah satu merek unggulan dari Tempo Scan menghadirkan program CSR bertajuk #BaktiSOSial dengan tema “Satu Langkah Bersih untuk Ribuan Senyuman” yang menyasar ke ratusan panti asuhan dan panti jompo.
Mengutip hasil penelitian dari Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) bersama pemerintah Australia dan The SMERU Research Institute pada 2022, kebanyakan panti jompo di Indonesia memiliki dana terbatas dan hanya mengandalkan pendanaan mandiri.
Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) pada 2014 lalu juga pernah mencatat bahwa dari sekitar 3000 panti asuhan yang berdiri di wilayah Jabodetabek, hanya 38 persen panti yang berfasilitas layak, meliputi pemenuhan fasilitas sanitasi yang berkesinambungan dengan kebersihan lingkungan panti. Terlebih risiko akan penularan penyakit juga bisa meningkat di lingkungan dengan fasilitas sanitasi buruk serta lingkungan padat penghuni seperti panti asuhan dan panti jompo.
Winny Yunitawati, selaku Managing Director Brand Investment & Consumer Engagement – Consumer, Cosmetics & Health Care – SOS menjelaskan, menjaga kebersihan merupakan langkah penting yang dibutuhkan guna mewujudkan lingkungan yang sehat dan nyaman.
Hadirnya kegiatan CSR #BaktiSOSial ini sejalan dengan komitmen SOS untuk memberikan perlindungan bagi keluarga, rumah dan lingkungan sekitar, melalui kebiasaan hidup bersih dan sehat agar bebas dari kuman, virus dan bakteri berbahaya.
"Hingga saat ini, program CSR #BaktiSOSial telah berhasil menjangkau setidaknya 200 titik panti asuhan dan panti jompo yang tersebar di 20 kota di Indonesia, dengan mendistribusikan lebih dari 80,000 produk kebersihan serta melakukan aksi bersih-bersih yang dilakukan bersama Tim SOS dengan jaringan komunitas relawan Dompet Dhuafa dan penghuni panti,” jelas Winny Yunitawati.
Ahmad Riyaldi selaku Kepala Asrama Panti Asuh Yayasan Al-Abqo Ziyadah Depok yang menjadi lokasi aksi bersih-bersih turut mengungkapkan rasa terima kasih serta menyambut positif atas terlaksananya program #BaktiSOSial ini.
Pihaknya berterima kasih dan mendukung penuh kegiatan #BaktiSOSial dari SOS ini. "Kami percaya bahwa dengan lingkungan yang bersih, anak-anak bisa tumbuh sehat dan lingkungan pun lebih nyaman sehingga dapat mendukung anak lebih fokus belajar. Terlebih produk-produk dari SOS juga sudah teruji efektif membunuh kuman, virus dan bakteri berbahaya, serta memberikan wangi yang tahan lama, sehingga bisa membantu menjaga kesehatan dan memberikan kenyamanan lebih bagi penghuni panti. Kami berharap semoga kegiatan ini bisa terus berlanjut dan bisa menjangkau lebih banyak panti asuhan maupun panti jompo lainnya untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman,” jelas Ahmad.
Turut memeriahkan kegiatan #BaktiSOSial ini adalah 10 keluarga pemenang kompetisi digital SOS Squad 2023. SOS Squad merupakan program tahunan SOS yang bertujuan untuk membagikan semangat untuk peduli dan menjaga kebersihan mulai dari lingkungan yang paling kecil, yaitu rumah dan keluarga.
Dengan tema “Rumah Bersih, Keluarga Nyaman”, para peserta SOS Squad 2023 membagikan foto dan video before-after rumah yang telah dibersihkan dan dirapikan bersama keluarga di media sosial, menggunakan berbagai pilihan produk SOS yang tersedia di pasar, antara lain produk pembersih lantai, sabun cuci tangan, sabun mandi, hand sanitizer, disinfectant, sabun pencuci piring dan tisu basah.
“Kami berharap program CSR #BaktiSOSial dan program tahunan SOS Squad ini bisa menginspirasi lebih banyak keluarga serta anggota masyarakat lainnya untuk bersama menciptakan lingkungan bersih dan sehat, karena menjaga kebersihan lingkungan kini menjadi lebih mudah dengan adanya berbagai rangkaian produk dari SOS yang telah teruji efektif 99,9% membunuh kuman, virus dan bakteri dan teruji secara dermatologis,” tutup Winny.
Sekilas Tentang SOS
SOS adalah merek produk lokal asli Indonesia yang dimiliki oleh Tempo Scan dan di pasarkan oleh PT Barclay Products dan telah dikenal luas sejak tahun 1997 sebagai brand pembersih lantai yang terkenal di Indonesia karena mengandung formula anti bacterial yang 99,9% membunuh kuman, bakteri dan virus sekaligus membuat lantai bersih dan wangi.
Sukses dengan pembersih lantai yang mengandung formula antibacterial tersebut, SOS terus mengembangkan beberapa kategori produk Personal Hygiene dan Home Care yang efektif 99,9% membunuh kuman, bakteri serta virus dan menjadi pelindung keluarga agar tetap sehat.
Rangkaian produk SOS Personal Hygiene saat ini terdiri atas Hand Sanitizer, Hand Wash Antibacterial, Body Wash dan Bar Soap Antibacterial, Antiseptic Liquid, dan Surgical Mask Protection 3-Ply. Sedangkan produk SOS Home Care terdiri dari Pembersih Lantai, Pencuci Piring, Karbol, Disinfectant Spray dan Pelicin, Pewangi & Pelembut Pakaian. Produk SOS didistribusikan di seluruh Indonesia melalui berbagai toko, supermarket, minimarket, e-commerce dan Tempo Scan Home Delivery service.
Sekilas Tentang PT. Barclay Products
PT. Barclay Products merupakan anak perusahaan di bawah naungan Tempo Scan Group, sebuah perusahaan swasta nasional yang tumbuh, lahir dan berkembang di Indonesia sejak tahun 1953. PT. Barclay Products bergerak di bidang manufaktur dan pemasaran produk-produk konsumen, kosmetika dan produk perawatan/pembersih rumah tangga. Kategori produk utama PT. Barclay Products adalah produk Personal Hygiene dan pembersih rumah tangga (SOS), perawatan bayi dan anak (MY BABY, MY BABY Kids dan Pure Baby), perawatan tubuh (Marina, Natural Honey, Claudia dan Tamara).