Senin 12 Feb 2024 15:56 WIB

Soal Pelajar Diizinkan Naik ke Candi Borobudur, TWC Lakukan Kajian Lapangan

Saat ini dilakukan simulasi mengukur kesiapan teknis untuk mendukung kelancaran.

PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC) melakukan kajian lapangan terbuka kunjungan bagi pelajar naik Candi Borobudur.
Foto: ANTARA/Andreas Fitri Atmoko
PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC) melakukan kajian lapangan terbuka kunjungan bagi pelajar naik Candi Borobudur.

REPUBLIKA.CO.ID, MAGELANG  -- PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC) melakukan kajian lapangan terbuka kunjungan bagi pelajar naik Candi Borobudur, di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. General Manager Borobudur Jamaludin Mawardi di Magelang, Senin (12/2/2024, menyampaikan kajian ini dilakukan sebagai bentuk persiapan pembukaan kunjungan rombongan pelajar naik ke Candi Borobudur yang memperhatikan interelasi pengalaman melalui storytelling yang spesifik mengenai Candi Borobudur.

"Hal ini sesuai dengan prinsip nilai-nilai pariwisata berkualitas dan berkelanjutan yang dikembangkan di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Borobudur," katanya.

Baca Juga

PT TWC mempersiapkan standar operasional yang sesuai dengan pedoman kunjungan yang berkualitas dengan memperhatikan kelestarian dan nilai-nilai universal Candi Borobudur.

Kolaborasi yang didukung juga oleh Museum dan Cagar Budaya (MCB) Warisan Dunia Borobudur serta Yayasan Dharmayatra Nusantara (Dharmanusa) bertujuan untuk meningkatkan pemahaman pengetahuan melalui narasi substantif nan esensial saat berkunjung ke Candi Borobudur.

Menurut dia, kajian lapangan terbuka kunjungan pelajar naik monumen Candi Borobudur ini dihadirkan sebagai awal untuk menguji standar operasional yang sudah disusun bersama dengan berbagai pihak.

Fase uji compliance yang berlangsung dengan melibatkan berbagai stakeholder, termasuk anak-anak sekolah di Magelang, diharapkan bisa turut mensosialisasikan program kunjungan naik Candi Borobudur untuk pelajar yang menurut rencana akan mulai dibuka bagi umum pada tanggal 19 Februari 2024.

"Saat ini kita lakukan fase simulasi sebagai tahap awal yang perlu kita lakukan untuk mengukur kesiapan teknis dan lapangan dalam mendukung kelancaran, kenyamanan dan keamanan selama kunjungan. Kita akan ukur kesesuaian dan kendala yang hadir di lapangan sebagai bahan evaluasi saat pembukaan," katanya.

Simulasi ini bisa menjadi....

 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement