Senin 29 Jan 2024 15:38 WIB

Mahasiswa ITB Demo Rektor, Minta Pinjol untuk Biaya Kuliah Dihapus

Mahasiswa mengkritik penggunaan pinjol berbunga untuk biaya kuliah bagi mahasiswa.

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Agus raharjo
Ratusan mahasiswa ITB menggelar aksi demonstrasi kepada rektor ITB di gedung rektorat di Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Senin (29/1/2024).
Foto: Fauzi Ridwan
Ratusan mahasiswa ITB menggelar aksi demonstrasi kepada rektor ITB di gedung rektorat di Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Senin (29/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Seratus lebih mahasiswa yang tergabung di keluarga mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) menggelar aksi demonstrasi kepada rektor ITB di gedung rektorat di Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Senin (29/1/2024). Mereka meminta program pinjaman online (pinjol) untuk biaya kuliah mahasiswa tidak mampu dan berbunga dihapus.

Pukul 13.30 WIB, seratusan mahasiswa ITB bergerak dari kampus ITB di Jalan Ganesha menuju gedung Rektorat ITB di Jalan Sulanjana. Tiba di depan gedung rektorat, mereka langsung berbaris memanjang dan menyampaikan keberatan terhadap program tersebut.

Baca Juga

Sesekali, mahasiswa menyanyikan lagu-lagu kritik tentang pinjol bagi mahasiswa yang hanya menyulitkan mahasiswa. Akses masuk menuju gedung rektorat ditutup oleh petugas keamanan dan dijaga ketat aparat kepolisian.

Sejumlah perwakilan mahasiswa sempat bersitegang dengan salah satu staf rektorat. Para mahasiswa meminta untuk masuk dan berbicara dengan perwakilan rektorat.

Namun, para mahasiswa tidak dapat masuk dan bertemu dengan perwakilan rektorat. Mereka ingin membahas dengan pihak rektorat.

Salah seorang peserta aksi mengatakan masih banyak mahasiswa yang tidak dapat membayar uang kuliah tunggal (UKT). Ia menilai kebijakan UKT saat ini tidak berkeadilan. Ia pun mengkritik penggunaan pinjol untuk biaya kuliah bagi mahasiswa yang berbunga.

"Pinjol berbunga tidak berpihak kepada mahasiswa," ujar dia, Senin (29/1/2024).

Ketua Kabinet KM ITB Muhammad Yogi Syahputra meminta pihak rektorat untuk menghapus program pinjol berbunga. Ia meminta agar kampus memaksimalkan program beasiswa dan keringanan atau cicilan UKT yang tidak memberatkan mahasiswa.

"Menghapus opsi penyelenggaraan dana berupa pinjaman online berbunga," ungkap dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement